BALITBANGTAN KINI MEMILIKI SMART GREENHOUSE TANAMAN HIAS


Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) saat ini memiliki Smart Greenhouse tanaman hias berlokasi di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IPPTP) Tanaman Hias Serpong Jl. Situgadung - Tangerang Selatan. Sosialisasi pengoperasian smart green house ini dilaksanakan Selasa 21 Januari 2020.

Hadir dalam kesempatan tersebut Prof Dr Budi Marwoto peneliti Balitbangtan yang dalam wawancaranya menyampaikan dengan smart greenhouse ini (berlokasi di dataran rendah) micro climate bisa di desain sedemikian rupa disesuaikan dengan kebutuhan dalam budidaya tanaman hias dataran tinggi maupun dataran menengah sehingga dapat dilakukan di dataran rendah.

Smart greenhouse merupakan green house atau rumah lindung tanaman yang bisa diatur atau disesuaikan kondisi  iklim mikronya dengan kebutuhan tanaman yang ditanam didalamnya. Parameter dalam pengaturan iklim mikro ini diantaranya pengaturan suhu, pengaturan kelembaban, pengaturan RH (relative humanity), pengaturan karbon dioksida, pengaturan light intensity dan pemantauan kondisi melalui cctv.

Selain Prof. Dr. Budi Marwoto sosialisasi smart greenhouse ini dihadiri pula oleh para peneliti IPPTP Serpong, Kasi Pelayanan Teknis yang juga Plt. Kasi Jasa Penelitian Balithi Ronald Bunga Mayang, SP.,MSi., Koordinator Program Penelitian Balithi Dr. Dedeh Kurniasih, Peneliti Ekofisiologi Ika Rahmawati, MSc. serta pengelola IT dan Jasa Penelitian.

Dengan adanya smart greenhouse diharapkan budidaya tanaman khususnya tanaman hias yang selama ini adaptif pada daerah dataran tinggi dan menengah dapat dilakukan di daerah dataran rendah. (irm)

SebelumnyaHaryanti Krisan Potong Hasil Mutasi Sinar Gamma
SelanjutnyaPenyiapan Sarana dan Prasarana Produksi Mawar