SEJARAH PERKEMBANGAN KRISAN: LEBIH DARI 100 VARIETAS KRISAN DIHASILKAN BALITHI


Krisan dibudidayakan di Jepang sekitar abad ke 8 SM. Di Jepang terdapat Hari Krisan Nasional atau disebut dengan Festival of Happiness. Tahun 797 bunga krisan dijadikan sebagai simbol kekaisaran Jepang dengan sebutan Queen of The East. 

Pada abad kesembilan Masehi, Kaisar Uda mendirikan Taman Kerajaan di mana berbagai jenis krisan terus dikembangkan. Pada tahun 1910, krisan diproklamasikan sebagai bunga nasional. Tidak sampai pertengahan abad kesembilan belas, beberapa tanaman krisan akhirnya mencapai Inggris melalui Eropa.

Pada 1789, seorang pedagang Prancis dari Marseilles bernama Pierre Louis Blancard membawa tiga kultivar krisan dari Cina namun hanya satu yang berhasil tumbuh dan dinamai Ungu Tua. 

Krisan masuk ke Indonesia pada tahun 1800. Sejak tahun 1940, krisan dikembangkan secara komersial. Bunga krisan yang dikenal sekarang merupakan hibrida hasil pemuliaan tanaman selama puluhan tahun dan memiliki penampilan yang jauh berbeda dari tetuanya di masa lampau. Bentuk dan warna bunga krisan semakin beragam dan terus berkembang sesuai minat konsumen.

Salah satu arena pameran kultivar baru krisan yang terkenal ada di Aalsmeer, Belanda di mana setiap akhir tahun selalu mempromosikan kultivar krisan yang akan dijual pada tahun berikutnya. Sedikitnya sepuluh kultivar krisan baru diperkenalkan setiap tahun. Pada pameran tersebut, petani maupun penggemar krisan dapat memilih kultivar yang sesuai dengan seleranya dan dapat membeli  benihnya. 

Di Indonesia, varietas-varietas baru krisan dihasilkan oleh para peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Hias (BALITHI) di Cipanas, Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Lebih dari 100 varietas krisan telah dihasilkan BALITHI sebagai upaya mendorong pertumbuhan industri krisan dalam negeri dan mengurangi ketergantungan benih krisan dari luar negeri.

Sumber: Direktorat Jenderal Hortikultura

SebelumnyaTeknologi Perbanyakan Mawar: Aklimatisasi Plantlets
SelanjutnyaBalitbangtan Melaksanakan Panen Perdana di Lokasi Demfarm SERASI