KETERLIBATAN BALITHI DALAM BIMBINGAN TEKNIS METODE PERHITUNGAN MANFAAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERTANIAN

Mengukur manfaat teknologi hasil penelitian merupakan hal yang penting dalam menghitung kontribusi kegiatan penelitian dan pengembangan pertanian terhadap pembangunan pertanian dan tingkat pengembalian investasi pada kegiatan penelitian. Sehubungan dengan hal tersebut Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP) menyelenggarakan bumbingan teknis menghitung mannfaat teknologi dan Return of Investment penelitian dan pengembangan pertanian. Acara ini diselenggarakan tanggal 10 - 11 oktober 2019 di Auditorium Ismunaji Bogor.

Acara Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Plt Sekretaris badan litbang Pertanian yaitu Dr. Ir Hardiyanto, M.Sc yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura. Dalam sambutannya, Dr. hardiyanto mengatakan bahwa segala bentuk teknologi hasil penelitian harus memiliki nilai manfaat, hal ini agar masyarakat luas dapat terkena dampak positif dari segala hasil teknologi yang sudah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian. Untuk itu Dr. hardiyanto mengharapkan bahwa acara bimtek ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi setiap peserta agar mampu menghtung manfaat dan dampak  setiap teknologi yang dihasilkan.

Balai Penelitian Tanaman Hias juga ikut ambil bagian sebagai peserta dalam acara Bimbingan Teknis ini dengan mengirimkan dua penelitinya yaitu Wisnu Ardi Pratama, SP dan juga Evi Dwi Sulistyo, SP, M.Si. Bagi Balithi acara Bimbingan teknis mengenai perhitungan manfaat penelitian dan pengembangan seperti ini sangatlah penting, agar segala bentuk investasi teknologi dapat dihitung nilai manfaatnya.

Adapun narasumber yang memberikan materi dalam acara ini diantaranya adalah Prof. Dr. Pantjar Simatupang yang memberikan materi tentang "Konsep Pengukuran Manfaat/ dampak Penerapan Teknologi Pertanian, Dr. Adang Agustian PM dengan materi "Metode Pengukuran manfaat dan Return Of Investment penelitian dan pengembangan Pertanian. Pada kesempatan ini, para peserta bimtek juga diajak untuk mempraktekkan secara langsung cara menghitung return of investmen dengan membawa data-data yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu

SebelumnyaKrisan Pot: Tanaman Induk, Benih dan Media Tanam
SelanjutnyaPerbanyakan Mawar (Rosa hybrida L.): Sterilisasi dan Penyiapan Eksplan