PERSIAPAN-TRAINING-ON-FLORICULTURE-INDUSTRI-DEVELOPMENT-IN-TIMOR-LESTE

  • PERSIAPAN TRAINING ON FLORICULTURE INDUSTRI DEVELOPMENT IN TIMOR LESTE

  • ditulis tgl : 23 Agustus 2019, telah dibaca sebanyak : 45 kali

    Share On Twitter


    Dalam rangka pengembangan tanaman hias khususnya mawar di Timor leste, JICA Partnership program menjalin kerjasama dengan Badan Litbang Kementrian pertanian untuk mensuport pembangunan sumber Daya manusia di Timor Leste. JICA Partnership Program (JPP) atau Program Kemitraan JICA sendiri merupakan suatu program dukungan Japan International Cooperation Agency(JICA) yang bertujuan mendorong pelaksanaan berbagai proyek pembangunan pada tingkat masyarakat akar rumput di berbagai negara berkembang yang diprakarsai oleh berbagai mitra pembangunan Jepang (khususnya lembaga swadaya masyarakat atau LSM, pemerintah daerah, dan perguruan tinggi) yang memiliki teknologi dan pengalaman dalam pembangunan. Proyek JPP ditujukan untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di berbagai negara.

    Di Timor Leste sendiri potensi untuk penbgembangan tanaman hias khususnya mawar sangatlah baik, hal ini didukung dengan keadaan geografis yang mendukung. Namun permasalahan yang muncul adalah kurang adanya tenaga-tenaga ahli yang mampu untuk membina para petani tanaman hias dalam hal perbenihan maupun budidayanya. Dengan minimnya ilmu tentang mawar ini, harga mawar di timor leste sangatlah tinggi karena supply benih masih tergantung pada negara lain. 

    Atas dasar itulah pada tanggal 21 Agustus 2019 bertempat di kantor biro kerjasama luar negeri kementrian Pertanian dilakukan rapat kordinasi untuk membahas kerjasama ini. Rapat ini selain dihadiri oleh Balai Penelitian tanaman hias, juga dihadiri perwakilan dari badan karantina, BPPSDMP, Direktorat kerjasama tekhnik Kementrian Luar Negeri, kepala bagian bilateral Biro KLN serta direktur tanaman sayuran dan tanaman hias.

    Dalam rapat ini dibahas tentang apa saja yang bias disuport untuk pengembangan bunga Mawar di Timor Leste. Dr. Dedeh kurniasih mengatakan bahwa Balithi akan mengusahakan untuk mengirim 1 tenaga ahli ke Timor Leste untuk memberikan pelatihan tentang tekhnik perbenihan dan budidaya mawar. Selain itu balithi akan juga mengirim Seedling sebanyak 100  buah sebagai bahan praktek. Untuk itu perlu adanya bantuan dari pihak karantina dalam membantu pengiriman Seedling tersebut. 

    BBPSDMP juga akan membuat atau menyusun kurikulum yang nanti akan disinergikan dengan materi yang akan disampaikan oleh tenaga ahli dari Balithi.
     Sebelum melakukan pelatihan di timor leste, terlebih dulu akan dilakukan Validation   Mission pada bulan September 2019. Validation Mission ini bertujuan agar tenaga ahli mendapatkan gambaran tentang keadaan tanah, iklim serta keadaan geografis secara keseluruhan di Timor Leste, sehingga akan didapatkan varietas yang cocok dengan iklim di Timor Leste. Pelaksanaan pelatihan sendiri akan dilaksanakan pada akhir tahun 2019, namun akan disesuaikan dengan kondisi keamanan di Timor Leste. (Wisnu Ardi Pratama)

  • BERITA TERKAIT
    • UPBS Balithi Melakukan Pelatikan K3

      18 September 2019
      Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) merupakan hal yang tidak boleh diabaikan dalam melakukan suatu pekerjaan.
    • Launching Inovasi Unggulan dan Penyerahan Royalti Kepada Inventor Balitbangtan

      22 Agustus 2019
      Bertempat di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta, Jl. Tentara Pelajar No. 2 Bogor Kamis 22 Agustus 2019 dilaksanakan Launching Inovasi Unggulan Balitbangtan.Mewakili Menteri Pertanian RI, Kepala Balitbangtan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si. secara resmi membuka acara tersebut. Selain launching inovasi unggulan Balitbangtan pada kesempatan yang sama dilaksanakan pula penyerahan royalti secara simbolis kepada inventor Balitbangtan yang dilaksanakan
    • Kerjasama Balithi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur

      12 Juli 2019
      Berlangsung pada hari Kamis 11 Juli 2019 di ruang rapat kecil Balai Penelitian Tanaman Hias dilaksanakan penandatanganan MoU kerjasama antara Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias, Ir. Rudy Soehendi, MP., Ph.D. dengan Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Hortikultura Kabuipaten Cianjur, MAmad Nano, SP., MP.Tujuan dilaksanakannya kerjasama ini adalah untuk mengembangkan perbenihan tanaman hias di Kabupaten Cianjur sehingga dapat membangun
    • Penjajakan Kerjasama antara BMKG dan Balithi

      11 Juli 2019
      Penjajakan kerjasama antara Balithi dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Bogor dalam Pemanfaatan data iklim untuk penyusunan model pengembangan sistem usaha tanaman hias yg ramah terhadap perubahan iklim.Kegiatan ini berawal dari upaya akses data iklim periode 10 tahun terakhir di BMKG Bandung dan BMKG Bogor untuk bbrp sentra produksi krisan di Jawa Barat, yaitu Kab. Bandung Barat (Kec. Lembang, Kec.
    • TEMU TEKNIS PENGELOLA PERPUSTAKAAN LINGKUP KEMENTERIAN PERTANIAN

      23 Juni 2019
      Kegiatan Temu Teknis Pengelola Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian dilaksanakan di Hotel JW Marriot, Surabaya pada  tanggal 18-21 Juni 2019, diikuti oleh 102 peserta dari UK/UPT Lingkup Kementerian Pertanian dan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Dr. Ir. Leli Nuryati, M.Sc.Makalah yang dibahas dalam kegiatan tersebut terdiri dari: (1) Membangun karakter pustakawan pertanian yang mandiri,
    • DIKLAT PERAKITAN VARIETAS UNGGUL BARU TANAMAN MELALUI TEKNIK PEMULIAAN KONVENSIONAL DAN IRADIASI

      20 Juni 2019
      Balai Penelitian Tanaman Hias (PUI Pemuliaan Tanaman Hias) bekerjasama dengan PUI Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya (PPKTKR)-LIPI, PAIR Batan dan ) menyelenggarakan Diklat Perakitan Varietas Unggul Tanaman Melalui Teknik Pemuliaan Konvensional dan Iradisai pada 17 - 20 Juni 2019 di Ruang Shorea - Kebun Raya BogorPeserta berjumlah 32 orang yang
    • Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Teknis Antar Lembaga PUI

      10 April 2019
      Dalam rangka kerja sama sinergi PUI antara Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya (PKTKR), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) serta Balai Penelitian Tanaman Hias (BALITHI), maka pada hari Rabu 10 April 2019 dilaksanakan penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama Teknis (PKS) di ruang Canarium Kebun Raya Bogor (KRB).Agenda yang disajikan dalam kegiatan tersebut