Monstera deliciosa Liemb.


Diupload oleh : Dewi Pramanik, Kurniawan Budiarto
16 Desember 2008  |  Kategori :Info Aktual - Dibaca 690 kali




Tanaman ini diperdagangkan sebagai tanaman hias taman, indoor dan daun potong. Sebagai tanaman hias, tanaman ini bertipikal tumbuh di bawah naungan atau merambat di bawah pohon besar yang menaunginya atau pada pot di dalam ruangan. daun potong tanaman Monstera juga sering dipergunakan dalam rangkaian bunga. Daunnya yang lebar dan dengan pola belahan pada helaian (split-leaf), halus dan mengkilap dapat membuat visualisasi dasar (background filler) pada rangkaian bunga. Bagian buah dari tanaman ini juga dapat dimakan (edible), beraroma buah nenas dengan rasa seperti buah pisang. Buah yang dapat dimakan adalah buah yang sudah masak, tetapi untuk beberapa kasus dapat menimbulkan efek/reaksi alergi. Buah muda dan bagian tanaman lain bersifat beracun dan tidak dapat dimakan. Getah atau cairan yang keluar dari tanaman mengandung trichoschlereida yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit (gatal-gatal). Buah yang sudah masak ditandai dengan jatuhnya tongkol buah dari pohonnya. Jika tongkol telah jatuh, buah kemudian dapat disimpan dalam suhu ruang hingga buah pada tongkol menjadi terlepas-lepas. Buah-buah pada tongkol akan masak secara bertahap mulai dari ujung pangkal tongkol sampai ke pucuk tongkol. Buah-buah yang sudah masak ini kemudian dapat dinikmati langsung atau sebagai campuran dalam minuman dan es krim.
Download artikel lengkapnya.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.81.166.196

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun