ASAL DAN DISTRIBUSI GEOGRAFIS MONSTERA DELICIOSA


Tanaman Monstera berasal dari hutan tropis Amerika Tengah bagian selatan sampai Amerika Utara, dengan pusat endemik diperkirakan di sekitar Costarika, Guatemala dan Meksiko (Chiapas, Oaxaca, Veracruz) dengan penyebaran dari Meksiko bagian selatan sampai Panama dan Amerika Selatan (Hosking et al., 2007). 

Pada habitat aslinya tanaman Monstera dapat tumbuh sebagai tanaman autotrof independen atau epifit yang tumbuh menjalar berumpun atau merambat di bawah vegetasi hutan dengan intensitas cahaya rendah.  Penyebaran alami tanaman dibantu oleh manusia dan hewan sebangsa burung.  

Tanaman Monstera dikenal juga sebagai tanaman biofarmaka tradisional dan buahnya yang dapat dimakan diduga menjadi faktor penyebaran alami baik secara vegetatif maupun generatif (Vieira & Izar, 1999). 

Beberapa spesies Monstera ditemukan tumbuh alami di Afrika dan Indomalaya (Madison & Tiffney 1976). Sifat tanaman yang sensitif terhadap salinitas tanah yang tinggi dan lingkungan yang dingin menjadi pembatas penyebaran alami spesies Monstera di daerah tropis. Sebaran tanaman terdeteksi terbatas pada ketinggian tertentu.  

Penyebaran alami spesies Monstera tidak ditemukan di daerah tropis pada daerah pantai atau dataran tinggi yang dingin ekstrim atau bersalju atau daerah dengan frekuensi sering  terjadinya embun beku (Martin, 2002).(irm)

Rudy Soehendi, Kurniawan Budiarto, Nur Qomariah Hayati
Balai Penelitian Tanaman Hias

SebelumnyaMengenal Klasifikasi dan Deskripsi Botani Monstera deliciosa Liemb
SelanjutnyaTEMU TEKNIS PENGELOLA PERPUSTAKAAN LINGKUP KEMENTERIAN PERTANIAN