• SEMINAR HASIL PENELITIAN TAHUN ANGGARAN 2018
  • ditulis tgl : 04 Januari 2019, telah dibaca sebanyak : 387 kali


    Gambar malas ngoding
    Balai Penelitian Tanaman Hias menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian dan Pengembangan untuk tahun anggaran 2018. Seminar bertempat di Aula Balai Penelitian Tanaman Hias. Acara di hadiri oleh seluruh peneliti dan penanggung jawab RPTP/RDHP Balithi dan perwakilan dari Puslitbang Hortikultura yang dalam hal ini diwakili oleh Kasub Program Puslitbang Hirtikultura. Seminar di buka oleh Kepala Balithi, Ir. Rudy Soehendi, MP, Ph.D. Menurut Kabalithi kegiaatan seminar untuk memperbaiki atau menyempurnakan laporan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan.

    Pada acara seminar evaluator yang terdiri dari Ir. Rudy Soehendi, MP, Ph.D, Prof (R). Dr. Ir. Budi Marwoto, MS, Prof (R). Dr. Ir. I. Djatnika, MS dan Dr. Erniawati Diningsih, SP, MSi memberikan masukan pemikiran sehingga penelitian yang telah dilaksanakan lebih sempurna baik secara lisan maupun tertulis.

    Agenda yang disajikan dalam kegiatan seminar terdiri dari:
    - Perakitan dan Pengembangan Varietas Unggul Baru Krisan (Dr. Lia Sanjaya)
    - Perakitan dan Pengembangan Varietas Unggul Baru Anggrek (Prof(R). Dr. Budi Marwoto)
    - Pengelolaan Sumber Daya Genetik Tanaman Hias (Dr. Suskandari Kartikaningrum)
    - Teknologi Inisisasi dan Percepatan Froliferasi pada Produksi Benih Bermutu Anggrek (Dr. Fitri Rachmawati)
    - Produksi dan Peredaran Benih Sumber Tanaman Hias pada Unit Pengelola Benih Sumber (Dr. Rudy Soehendi)
    - Diseminasi Inovasi Teknologi Komoditas Hortikultura (Dr. Rudy Soehendi). 

    (sumber: Chitra priatna & irman)
    • 21 Mei 2019

      Monev Puslitbang Horti On-Going tahun 2019


      Kegiatan monitoring dan evaluasi Tim Puslitbang Hortikultura dilaksanakan di Balai Penelitian Tanaman Hias pada tanggal 21-23 Mei 2019. Anggota tim Monev terdiri atas Prof (R) Dr. Ir. Yusdar Hilman, MS., Dr. Bagus K, dan Dr. Noor Roufiq Ahmadi.

      Monitoring dan evaluasi dilakukan terhadap Tindak lanjut BA Monev I Puslitbang Hortikultura yang dilaksanakan tanggal 21-22 Maret 2019 dengam melihat kembali Dokumen perencanaan penelitian dan pengembangan
    • 17 Mei 2019

      Sedap malam (Polianthes tuberosa L.),


      Sedap malam (Polianthes tuberosa L.), atau Tuberose (Inggris) merupakan salah satu bunga potong dengan aroma wangi, susunan bunga menarik dan warna putih yang sering digunakan dalam rangkaian bunga. Tanaman ini sudah dibudidayakan dan dapat beradaptasi baik pada kondisi tropis seperti Indonesia.

      Sedap malam tumbuh baik pada daerah dengan ketinggian 50-600 m dpl (sedap malam jenis bunga petal tunggal dan semi ganda
    • 15 Mei 2019

      ANJANI AGRIHORTI

      Gladiol Varietas Anjani Agrihorti merupakan hasil persilangan yang memiliki bunga dengan warna mahkota bagian atas perpaduan antara merah dan kuning yang disertai bercak merah pada kedua sisi helain mahkota.  Mahkota bagian bawah berwarna kuning pada bagian pangkal dan merah pada bagian tengah dan ujung terminal.  Lidah bunga berwarna merah dan kuning berseling pada bagian tepi dan terdapat bintik merah di bagian tengah lidah dan kuning pada bagian pangkal lidah
    • 02 Mei 2019

      ANGGREK DENDROBIUM

      Genus Dendrobium (dendros=pohon dan bios=hidup) diperkenalkan oleh botanis asal Swedia yaitu Olaf Swartz pada tahun 1799, dan memiliki anggota spesies terbesar dari famili anggrek (>1600 menurut Hawkes atau ~900 menurut Bechtel).
      Distribusi anggrek Dendrobium mulai dari India, China, Jepang, Indonesia, Malaysia, Philipines dan kepulauan pasifik selatan, dengan diversitas terbesar di Papua. 
      Anggrek Dendrobium terbagi ke dalam seksi-seksi utama diantaranya
    • 18 April 2019

      Pengorok daun Liriomyza sp.

      Liriomyza sp.  bersifat polifag yang dapat menyerang lebih dari 100 spesies tanaman dari berbagai famili seperti Leguminosae, Cucurbitaceae, Solanaceae, Liliaceae, Compositae, dan Umbelliferrae.  Di Indonesia, hama ini dilaporkan juga menyerang cabai, kentang, tomat, seledri, kacang merah, kubis, gambas, kapri, brokoli, lettuce, bawang daun, bayam, bawang merah, buncis dan beberapa jenis gulma misalnya bayam air.
      Serangga dewasa menusuk daun-daun muda dengan
    • 15 April 2019

      Proses Produksi Krisan (bag. 4)

      Pemeliharaan khusus
      Pemeliharaan khusus yang dimaksud di sini meliputi aktifitas pemeliharaan yang belum termasuk dalam rangkaian proses produksi pada subbab/bab terdahulu. Pemeliharaan khusus ini meliputi pinching, penjarangan rumpun dan tangkai bunga dan pemberian zat pengatur tumbuh.

      Pembuangan titik tumbuh (pinching)
      Pinching atau pembuangan titik tumbuh apikal muda dapat berfungsi untuk merangsang
    • 12 April 2019

      Sedapmalam varietas DIAN ARUM

      Sedap malam (Polianthes tuberosa L.), atau Tuberose (Inggris) merupakan salah satu bunga potong dengan aroma wangi, susunan bunga menarik dan warna putih yang sering digunakan dalam rangkaian bunga. Tanaman ini sudah dibudidayakan dan dapat beradaptasi baik pada kondisi tropis seperti Indonesia.

      Balai Penelitian Tanaman Hias telah melepas varietas sedap malam dengan naman "Dian Arum" yang memiliki karakter tinggi tanaman 44.5-55.2 cm, bentuk tanaman tegak, jumlah