Perbanyakan Masal Gerbera Secara In Vitro


Diupload oleh : Administrator
05 Desember 2018  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 192 kali






Optimasi perbanyakan masal gerbera secara in vitro menggunakan kuncup bunga sebagai sumber eksplan telah berhasil dilakukan melalui penurunan konsentrasi TDZ yang dikombinasikan dengan 0,25 mg/l BAP, peningkatan dan penurunan konsentrasi TDZ dan BAP secara bertahap dan penurunan konsentrasi TDZ tanpa kombinasi dengan BAP telah diuji. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa medium MS yang ditambah dengan 0,4 mg/l TDZ dan 0,25 mg/l BAP merupakan medium inisiasi teroptimasi untuk perbanyakan massal gerbera yang optimum. Media ini berhasil menginduksi 7,8 bakal tunas per eksplan dengan 62,5% persentase regenerasi eksplan, 7,0 tunas per eksplan, 12,2 jumlah daun dan 1,63 cm panjang daun. Perbanyakan tunas optimal menggunakan medium  MS + 0,2 mg/l BAP + 0,02 mg/l NAA (GE-5). Media ini mampu menghasilkan tunas hingga 8,5 tunas per subkultur dengan 28,7 daun. Aklimatisasi plantlet berhasil dioptimasi dengan memberikan perlakuan penyemprotan larutan 1% pupuk majemuk (Growmore 32N:10P:10K) setiap minggu sekali. Optimasi aklimatisasi lebih lanjut dengan penggunaan pakis dan cocopeat sebagai media aklimatisasi. Keberhasilan aklimatisasi berkisar antara 88-100%, plantlet tumbuh sehat, vigor dan maksimal. Teknologi yang berhasil dikembangkan pada tahun 2016, juga telah berhasil digunakan untuk memperbanyak VUB gerbera: Athalia, Ayudia, Neoma, Nashita, Zsofia; Klon terseleksi 11.046, 11.043, 03.045, 01.092, 14.028, 21.035, 20.012, 01.163, dan 40.002. VUB dan klon yang berhasil diperbanyak dalam bentuk tunas, plantlet dan tanaman aklimatisasi telah diserahkan ke UPBS Balithi. (irm)

(Budi Winarto, Kurnia Yuniarto dan Dewi Pramanik)
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 34.224.102.60

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun