Teknologi Baru Perbanyakan Varietas Unggul Anggrek


Diupload oleh : Administrator
04 Oktober 2018  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 95 kali






Ketersediaan protokol perbanyakan anggrek Dendrobium dan Phalaenopsis secara in vitro yang efektif dan efisien memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan dan menghasilkan benih yang berkualitas skala komersial. 

Perbaikan teknologi perbanyakan klonal benih anggrek Dendrobium dan Phalaenopsis secara in vitro terus dilakukan untuk mendapatkan teknologi yang lebih efektif dan efisien. 

Hasil penelitian pada perbanyakan klonal Dendrobium memberikan beberapa informasi penting, yaitu: 

  1. Klon-klon terpilih/kandidat VUB Dendrobium Balithi memiliki respon pertumbuhan dan perkembangan yang bervariasi ketika dikulturkan secara in vitro
  2. Pembentukan kalus embriogenik (KE) Dendrobium Zahra-58 tertinggi (32.00-38.33%) dihasilkan oleh eksplan basal part pada media IDT-4 (1/2 MS + 1.5 mg/l TDZ + 0.5 mg/l BAP), sedangkan media mT-1 dan mT-2 (1/2 MS + 2.5- 5.0 mg/l mT + 0.05 mg/l BAP) sesuai untuk inisiasi embrio somatik/plbs (34.33%) dan tunas (38.67%) dengan waktu inisiasi lebih cepat (11-14 hari), 
  3. Proliferasi awal KE terbanyak (83.12 %) dihasilkan pada TCS kalus/plbs  asal eksplan basal part D. Zahra-58 yang dikulturkan pada media FD-2 ( MS + 1.5 mg/l TDZ + 0.5 mg/l BAP) 
  4. TCS kalus/plbs D. Zahra-58 pada media FD-4 (1/2 MS + 5.0 mg/l mT + 0.05 mg/l BAP) meskipun memiliki laju pertumbuhan tercepat dengan pertambahan bobot basah kultur 0.56 g/bulan dan tingkat multiplikasi 4.29x, namun proliferasi kultur lebih ke arah pembentukan tunas dan hanya sebagian kecil yang berproliferasi ke arah kalus dan plbs (8.56% dan 10.96%) 
  5. Sistem kultur padat untuk proliferasi awal TCS kalus/plbs D. Zahra-58 mampu menekan tingkat kontaminasi dan pencoklatan kultur, pertambahan bobot basah kultur dan tingkat multiplikasi yang lebih tinggi, namun sulit mempertahankan kultur untuk tetap berproliferasi menjadi KE (49.84 %) dan cenderung untuk berproliferasi ke arah plbs/tunas,  sedangkan kultur cair lebih mampu mempertahankan kultur untuk tetap berproliferasi dalam bentuk KE (83.12%) 
  6. TCS kalus/plbs D. Zahra-58 yang diproliferasikan pada media FD-1 dan FD-2 (0.75-1.5 mg/l TDZ) menunjukkan kecenderungan peningkatan proliferasi KE dan penurunan proliferasi plbs/tunas/kecambah seiring periode subkultur hingga periode subkultur ke-4,  sebaliknya pada media FD-3 dan FD-4  (2.5-5.0 mg/l mT) proliferasi kultur lebih ke arah pembentukan plbs/ tunas dan persentasenya meningkat seiring peningkatan periode subkultur
  7. Perkecambahan ES D. Zahra-58 masih perlu dilakukan pada media MS-FV, sedangkan untuk pembesaran plantlet dapat dilakukan pada media pupuk (2% Rosasol: Pupuk Daun NPK 18:18:18 TE) selama 14 minggu.  Hasil penelitian ini membuktikan bahwa mT lebih sesuai untuk perbanyakan in vitro melalui jalur organogenesis dan tidak bisa mensubtitusi peran TDZ dalam proses awal embriogenesis somatik.

(Fitri Rachmawati, Budi Winarto, Ridho Kurniati, Dewi Pramanik, Ronald Bunga Mayang, Dedeh Siti Badriah, Dedeh Kurniasih)

~irm~
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.166.207.223

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun