Florikultura Indonesia 2018


Diupload oleh : Administrator
01 Oktober 2018  |  Kategori :Info Diseminasi - Dibaca 328 kali






Florikultura Indonesia 2018 dilaksanakan pada tanggal 20 23 September 2018 dengan tema Pengembangan Kerjasama Lintas Kawasan Agribisnis Florikultura Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. 

Acara ini dihadiri oleh lebih dari  150 orang peserta mewakili seluruh stakeholder florikultura, di antaranya berasal perguruan tinggi, lembaga penelitian, kementerian pertanian, perdagangan, perindustrian, pariwisata, Pemerintah Daerah, Kemenko Bidang Perekonomian, Asosiasi, Perhimpunan, Kelompok Tani dan Pemerhati Tanaman Hias. 

Tujuan penyelenggaraan Florikultura Indonesia ialah memfasilitasi dialog antar stakeholder dalam rangka mendorong inisiasi pembentukan forum kerjasama antar pelaku usaha lintas kawasan florikultura; menguatkan komitmen para stakeholder untuk peningkatan  sinergi dalam pembangunan industri florikultura nasional;  dan mendapatkan umpan balik dari para pelaku usaha dalam rangka refocusing program pengembangan agribisnis dan agroindustri florikultura. 

Pada hakekatnya pengembangan kawasan florikultura adalah membangun kerjasama komunal, termasuk di dalamnya mensinergikan kontribusi dari berbagai sektor terkait, seperti perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM, pekerjaan umum, pusat penelitian, perguruan tinggi, swasta, asosiasi, perbankan, dan lainnya.

Kawasan agribisnis florikultura yang telah terbentuk  di berbagai wilayah nusantara antara lain Kabupaten Wonosobo, Bandungan-Kabupaten Semarang, Kabupaten Sleman, Kulonprogo DIY, dan Kabupaten Batang.  

Pameran florikultura telah dilaksanakan dengan tema : Peningkatan daya saing industri florikultura nasional melalui penerapan inovasi dan pemanfaatan sumberdaya nasional. Peserta pameran florikultura berjumlah  11 peserta.  Hasil penilaian stand dengan menggunaan kritera : (1) penampilan, (2) kreativitas dan (3) tema

Diperoleh juara I stand Propinsi Jawa Tengah, juara II stand Kota Tomohon dan juara III stand Propinsi Jawa Barat.  

Atas inisiatif Dinas Pertanian Kota Padang, akhirnya disetujui bahwa Forum Florikultura Indonesia 2019 mendatang  akan diselenggarakan di Kota Padang yang berlokasi di kawasan Lubuk Minturun.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.166.207.223

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun