TEMU STAKEHOLDER DAN BIMTEK PERCEPATAN IMPLEMENTASI SISTEM PERBENIHAN KRISAN di TOMOHON


Diupload oleh : Administrator
07 Agustus 2018  |  Kategori :Info Diseminasi - Dibaca 561 kali






Balai Penelitian Tanaman Hias bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara mengadakan temu stakeholder dan Bimtek percepatan implementasi system perbenihan Krisan di Tomohon. Selain dihadiri oleh Walikota Tomohon, acara yang difasilitasi oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon ini juga mengundang Direktur Pertamina Provinsi Sulawesi Utara, Anggota DPRD Kota Tomohon, dan juga 30 petani Krisan di seluruh Kota Tomohon. Pada acara ini juga dipresentasikan tema Membangun Industri Perbenihan Menuju Kemandirian Usaha Florikultura di Tomohon, materi pengenalan varietas dan produksi benih krisan Balithi, serta praktek perbenihan.  Tujuan kegiatan ini ialah mendorong inisiasi tumbuhnya industri benih yang mendukung agribisnis krisan di Tomohon dan meningkatkan kompetensi SDM pelaku usaha.

Sebelumnya Walikota Tomohon dan pejabat lainnya mengunjungi Green House di Show Windos Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon untuk melakukan panen perdana Krisan. Ikut mendampingi dalam acara panen perdana ini Kepala Balithi Dr. Ir Rudy Soehendi serta Prof. Budi Marwoto Dua varietas Krisan Balithi yang dipanen langsung oleh Walikota Tomohon adalah Sintanur dan Sabiya. Terlihat bahwa performa dan penampilan dari kedua varietas ini sangat baik dengan warna putih dan kuning cerah tentunya menjadi daya Tarik tersendiri bagi para tamu yang hadir.

Walikota Tomohon dan Para pejabat kemudian melanjutkan kunjungannya ke Green House lainnya, yaitu Green House yang ditanami Ririh dan Kulo. Walikota Tomohon sangat senang dengan ditanamnya dua varietas ini karena, kedua varietas ini termasuk varietas yang endemic dan dapat tumbuh baik di Tomohon. Direktur pertamina yang hadir juga memberikan apresiasi yang baik dengan tumbuhnya varietas Ririh Kulo ini dengan baik.

Setelah melakukan panen raya, Walikota Tomohon dan tamu lainnya memasuki ruang rapat Show Windows Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon untuk mengikuti acara pembukaan Temu Stakeholder dan Bimtek percepatan implementasi system perbenihan krisan. Acara diawali dengan laporan dari Kepala DInas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon. Dalam sambutannya Kepala Dinas mengatakan bahwa Krisan memiliki daya saing yang kompetitif dan Continue, namun masalah perbenihan harus diberikan perhatian yang cukup intens. Hal ini dikarenakan saat ini 90% bibit masih mengambil dari daerah lain yaitu dari Jawa Barat dan Jawa Timur. Kepala Dinas mengatakan bahwa kedepannya Tomohon harus menjadi produsen Benih bagi Indonesia khususnya di bagian Timur.

Dalam Kesempatan kali ini Kepala BPTP juga memberikan sambutannya terkait masalah perbenihan. Kepala BPTP mengatakan bahwa sudah saatnya Tomohon menjadi daerah mandiri benih. Saat ini BPTP sudah mendemplot 14 varietas dan mendiseminasikannya ke semua petani. Materi diseminasi yang disampaikan ke petani tidak hanya pada varietasnya saja, namun juga teknologinya. Kepala BPTP melihat adanya peluan di Papua dan Ambon sebagai target pasar tanaman hias khususnya Krisan.

Senada dengan Kepala BPTP Sulawesi Utara, Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias juga mengatakan pentingnya perbenihan dalam sebuah proses budidaya Krisan. Menurut Kepala Balithi, Tomohon merupakan model yang lengkap namun perbenihannya kurang optimal. Oleh karena itu Balithi berkomitmen untuk membantu memberikan pendampingan perbenihan di Kota tomohon. Pembentukan SDM yang berkualitas serta ketersediaan sarana prasarana juga menjadi faktor pendukung dalam terwujudnya kota Tomohon yang mandiri benih.

Sementara itu, Walikota Tomohon dalam sambutannya mengatakan bahwa memang petani-petani di Tomohon harus mendapatkan bantuan dan dorongan khususnya dibidang perbenihan. Hal yang sudah menggemberikan saat ini adalah petani-petani di Tomohon sudah berhasil dari sisi pendapatan, hal ini ditandai dengan permintaan bunga krisan yang semakin meningkat apalagi adanya turis nasional dan Internasional yang datang ke Kota Tomohon. Tantangan saat ini yang harus dihadapi adalah bagaimana ketersediaan benih yang bias dipersiapkan Kota Tomohon serta bagaimana memasarkannya secara nasional maupun Internasional. Pemerintah Kota Tomohon juga sudah membuat regulasi Perda th 2016 mengenai usaha Florikultura yang di dukung pula oleh DPRD Kota tomohon.Target dari pemerintah kota Tomohon saat ini adalah tersedianya 4 juta benih pertahun. Harapan Walokota dengan adanya Bimtek ini adalah petani bias menyiapkan benih dan mengexport benih serta bunga krisan. Harapan lainnya adalah Kota Tomohon akan semakin dikenal serta kesejahteraan petani di Tomohon semakin meningkat.

Seusai memberikan sambutannya, Walokota Tomohon mendapatkan Benih Krisan secara simbolik dari Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias. Benih ini adalah benih sumber yang dihasilkan oleh UPBS Balithi, yang selama ini juga telah berperan aktif dalam penyediaan benih Krisan di Kota Tomohon.

wess (pen)
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.226.36.60

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun