Merekayasa Varietas Baru Krisan


Diupload oleh : Administrator
04 Juni 2018  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 410 kali






Varietas baru krisan dapat direkayasa melalui berbagai cara, di antaranya ialah melalui hibridisasi, mutasi, maupun rekayasa genetik. Namun teknik hibridisasi masih merupakan  metode yang paling banyak digunakan dalam memperoleh varietas krisan baru. 
Hasil hibridisasi para pemulia di  Inggris, Perancis, Jepang, Amerika Serikat, Negeri Belanda, dan Indonesia telah diperoleh ribuan jenis krisan yang bervariasi dalam bentuk, ukuran dan warna bunga.  
Variasi warna mulai dari pink, ungu, merah, kuning, oranye, putih dengan disk floret dan ray floret yang berbeda warna. Ray floret memiliki 2 warna pada permukaan atau sisi bagian bawahnya.  Semua kelas krisan memiliki disk dan ray floret, namun beberapa kelas krisan hanya mengandung ray floret atau disk floret tidak terlihat. 
Kebanyakan krisan yang dibudidayakan adalah poliploid, dan sangat heterogen secara genetik.  Tanaman krisan mudah mengalami perubahan, baik secara spontan atau  karena induksi mutasi.  
Perubahan utama mutasi terjadi pada karakter ketahanan terhadap stress, atau kualitas bunga seperti warna, bentuk dan tipe petal.  Bagian-bagian tanaman yang berubah selanjutnya diperbanyak secara vegetatif melalui kultur jaringan.  Dewasa ini terdapat lebih dari 37 negara yang memanfaatkan teknologi nuklir untuk menciptakan varietas-varietas krisan novel. (L. Sanjaya)
IRM
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.80.96.153

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun