Anthurium plowmanii


Diupload oleh : Administrator
30 Mei 2018  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 91 kali






The International Plant Name Index : Anthurium plowmanii Croat; Candollea. 42 (2): 811-813. 1987.
Nama umum: Anthurium Fruffles, Wave of love (Inggris), Gelombang cinta (Indonesia).

A. plowmanii termasuk dalam Kingdom: Plantae, Divisi: Angiospermae, Subdivisi: Monocotiledonae, Ordo: Alismatales, Family: Araceae, Subfamili: Aroideae, Genus: Anthurium, Seksi: Pachyneurium, Species: Anthurium plowmanii Croat.  Daun A. plowmanii tergolong sangat tebal dan kaku menyerupai kulit (coriaceous/leathery) dengan helain ellips memanjang dan merucing.  Bagian terlebar helaian berada mendekati ujung daun namun masih disekitar bagian tengah.  Tulang daun primer berada di tengah helaian dan tulang daun lateral memanjang secara bebas dari tulang daun primer ke arah tepi helaian daun.  Permukaan daun bagian atas mengkilap dengan tepi daun bergelombang (undulate).  Gelombang tepi daun A. plowmanii merupakan gelombang tepi daun yang paling tegas diantara spesies-spesies seksi Pachyneurium (Pessoa et al. 2013). Panjang daun tanaman fase juvenile A. plowmanii dapat mencapai 2 meter.  Tangkai daun berukuran 10 - 40 cm dengan penampang melintang tangkai daun berbentuk huruf C atau U . Batas antara tangkai dan helaian terdapat bagian bernama geniculum berbentuk lebih membulat dan lebih agak lebih besar dari tangkai daun.  Beberapa sumber menyebutkan, geniculum berfungsi sebagai pemutar helaian daun untuk menghadap kearah cahaya saat intensitas cahaya rendah.  Karakteristik ini hanya ada pada genus Anthurium dan Spathiphyllum pada family Araceae (Lourdes Soares et al. 2013).  Tanaman-tanaman pada spesies A. plowmanii mempunyai varaiasi dalam bentuk dan karakter daun yang merupakan karakteristik yang jarang dijumpai di famili Araceae.

Batang A. plowmanii beruas pendek, setiap ruas merupakan tempat melekatnya tangkai daun. Batang A. plowmanii umumnya dipenuhi oleh akar yang tumbuh yang berfungsi sebagai organ penopang tumbuhnya tanaman.  Bunga A. plowmanii tumbuh ke atas (erect).  Spathe berbentuk lonjong meruncing (lanceolate) dan cenderung menekuk keluar (bila sudah mekar) dengan ujung meruncing dengan panjang mencapai  5 – 15 cm dan dapat tumbuh hingga mencapai 29 cm dan lebar 5 – 10 mm, berwarna violet keunguan dengan bercak hijau dan ungu (Gambar 3b).  Spadiks berwarna ungu gelap berbentuk lonjong mengecil di bagian ujung.  Ukuran spadiks mencapai panjang 10 - 45 cm dengan diameter 1 – 2.2 cm.  Panjang stipe (tangkai spadiks) 6 - 10 cm dengan diameter sekitar 1.2 cm.  Ukuran spadiks yang lebih panjang dari tangkai spadiks merupakan salah satu ciri unik dari A. plowmanii pada seksi Pachyneurium yang hanya dipunyai oleh A. solomonii (Pontes et al. 2014).  Bunga bersifat berumah satu dan seperti halnya tanaman pada family Araceae, A. plowmanii juga bersifat protogini dimana dalam bunga yang sama, bunga betina akan akan matang terlebih dahulu dibandingkan bunga jantan (Croat 1980), sehingga penyerbukan alami pada satu bunga sangat jarang terjadi (Barabθ dan Lacroix 2008).  Beberapa sumber menyebutkan bahwa penyerbukan alami beberapa spesies anthurium dibantu oleh sebangsa serangga coleoptera (Frans 2007).  Setelah terjadi penyerbukan, maka embrio bii akan terbentuk yang pada akhirnya membentuk buah matang berwarna kulit merah dengan bentuk bulat memanjang.  Setiap buah berisi 1 – 2 biji dengan ukuran 1 – 1.2 mm dan panjang 1.2 – 1.5 mm dan setiap spadiks mampu menghasilkan 500 – 2000 biji. (K. Budiarto)

i r m


Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.162.165.158

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun