Aklimatisasi tanaman mini (planlet) Krisan yang berasal dari laboratorium.


Diupload oleh : Administrator
14 Mei 2018  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 335 kali






Aklimatisasi dilakukan dengan tujuan  untuk penyesuaian kondisi lingkungan secara bertahap dari laboratorium ke lapangan, oleh karena itu dikondisikan supaya iklim mikro di sekitar tanaman  optimal dan tidak membuat tanaman stress.  
Modifikasi lingkungan tersebut dilakukan melalui pembuatan saung plastik yang dilapisi paranet 75 % untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang diterima tanaman, akan tetapi proses fotosintesis tetap berlangsung. Membuat instalasi listrik untuk penambahan periode hari panjang pada malam hari  selama 4 jam, karena tanaman krisan merupakan tanaman sub tropis membutuhkan pencahayaan yang berkisar antara 13,5-16 jam per hari. Media tanam menggunakan arang sekam dalam baki persemaian dengan tinggi media 10-12 cm atau baki tary, sperti pada gambar 5a dan gambar 5b.  siram media sampai jenuh  dengan  larutan fungisida Propamokarb hidroclorida 72 g/l dengan dosis 2-3 cc/l.

Buat larikan untuk mengatur jarak tanam, dengan ukuran 4x4 cm. Tinggi planlet yang akan ditanam berkisar antara 5-6 cm, kemudian tanam planlet dengan pososisi tegak dengan cara menekan secara hati-hati media yang ada disekitar perakaran, kemudian siram planlet dan media tanam dengan air bersih sampai rata. Untuk pemeliharaan dilakukan penyiraman  pada pagi dan sore hari (tergantung kondisi cuaca pada hari itu) dengan cara menyemprotkan air bersih pada permukaan daun sampai rata setiap hari selama 2-3 minggu, sedangakan penyiraman media dilakukan sesuai kondisi media. 
Selanjutnya penyiramana dilakukan melalui media 2-3 kali per minggu. Untuk pengendalian hama/ penyakit dan pemupukan cair dapat dilakukan pada saat tanaman sudah berumur 2 minggu melalui penyemprotan daun. Tanaman sudah dapat dipindahkan ke lapngan pada umur 5-6 minggu setelah diaklimatisasi serta sudah dapat menghasilkan setek pertama  setelah berumur 4 minggu setelah tanam.

~irm~
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.166.207.223

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun