Aglaonema, Tanaman Hias Berdaun Indah


Diupload oleh : Administrator
02 Mei 2018  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 580 kali






Aglaonema atau dalam bahasa Indonesia sering disebut ‘Sri Rejeki’ merupakan tanaman hias yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh masyarakat pecinta tanaman.  Nama Aglaonema berasal dari bahasa Yunani dari kata ‘Aglos’ yang berarti terang dan ‘Nomos’ yan berarti benang atau benang sari.  Selain nama Aglaonema, tanaman ini juga dikenal dengan nama Chinese evergreen.  Nama ini diberikan sebagai simbol bahwa orang China lah yang pertama kali membudidayakan tanaman ini.  Nama Chinese evergreen sebenarnya lebih mengacu kepada salah satu spesies aglaonema yaitu A. modestum, namun kalangan pecinta tanaman hias kemudian menggunakan nama ini untuk menyebutkan untuk semua jenis Aglaonema.  Dan masyarakat China sendiri, tanaman Aglaonema lebih dikenal dengan sebutan ‘wan neien ching’, sedangkan masyarakat di Thailand, menyebut tanaman ini dengan nama ‘siamese rainbow’.

Aglaonema termasuk tanaman hias daun, yaitu tanaman hias dengan daya tarik utama terletak pada keindahan daun-daunnya.  Bentuk daun tanaman Aglaonema sebenarnya sederhana.  Hampir tidak ada variasi pada bentuk, modifikasi fisik helaian atau perforasi daun.  Daya tariknya terletak pada warna dan motif warna helaian daun yang variatif.  Sebagai tanaman hias dalam ruangan (indoor), aglaonema umumnya ditempatkan di teras atau bagian dalam rumah.  Kehadiran tanaman ini dalam ruangan memberikan impresi keanggunan yang menyejukkan mata orang yang memandangnya.

Keindahan sosok tanaman ini membuat popularitasnya tidak hanya dikenal di kawasan Indonesia atau Asia Tenggara saja, melainkan kebelahan bumi yang lainnya.  Di kawasan Eropa dan Amerika Serikat, tanaman ini juga sudah lama dikenal sebagai tanaman hias dan digunakan dalam ruangan.  Meskipun demikian, ada perbedaan selera masyarakat penggemar tanaman hias ini.  Di Eropa dan Amerika Serikat, masyarakat lebih menyukai aglaonema dengan daun berwarna hijau atau bernuansa hijau, sedangkan di Asia, penggemar tanaman hias ini lebih menyukai tanaman dengan corak warna daun cerah seperti merah, oranye dan kuning.


~Kurniawan B.~
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.166.207.223

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun