KOLEKSI, KARAKTERISASI DAN PEMANFAATAN BEBERAPA SPESIES BUNGA POTONG TROPIS


Diupload oleh : Administrator
29 Maret 2018  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 236 kali




ABSTRAK
Koleksi, karakterisasi dan pemanfaatan plasma nutfah tanaman tropis memiliki aspek yang penting dalam pengembangan bunga potongnya. Sejak tahun 2003 sudah dikoleksi sejumlah spesies dan varietas bunga tropis dari famili Zingiberaceae, Costaceae and Marantaceae dan ditanam di kebun percobaan Balai Penelitian Tanaman Hias di Segunung, Cianjur, Jawa Barat. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan plasma nutfah yang ada, karakterisasi dan pengamatan karakter morfologi diperlukan untuk mengetahui sifat unggul yang berguna dalam program pemuliaan. Dipelajari pula Teknologi budidaya standard pada tanaman yang sudah dilepas. Bahan tanaman yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4 spesies dari genus Zingiber, 4 spesies dari genus Etlingera, 5 spesies dari genus Alpinia, 5 spesies dari genus Curcuma, 2 spesies dari genus Hedychium, 5 spesies dari genus Costus, 2 varietas dari genus Tapeinochillos, 4 spesies dari genus Calathea, 1 spesies dari genus Pleiostachya. Evaluasi karakter morfologi dibuat berdasarkan Sistem Evaluasi Standar pada tanaman jahe yaitu tinggi tanaman, panjang dan lebar daun, panjang dan diameter braktea, warna batang, daun dan braktea, bunga biologi, susunan daun juga posisi braktea. Hasil penelitian menunjukan telah terkarakterisasi 18 spesies dari famili Zingiberaceae dan Costaceae dan 7 varietas telah dirilis yaitu Zingiber spectabile ‘Silvana’, Tapeinochilos ananassae ‘Sekar Manise’ dan ‘Sekar Souli’, Alpinia purpurata ‘Fatra’, ‘Kusuma’, ‘Bethari’ dan ‘Amorina’.  Zingiber spectabile ,Tapeinochilos ananassaeAlpinia purpurata ‘Kusuma’ dan ‘Bethari’ sudah digunakan dalam program pemuliaan. Hibridisasi antara Alpinia purpurata ‘Kusuma’ dan ‘Bethari’ dapat menghasilkan biji. Telah dihasilkan pula teknologi budidaya standar pada tanaman yang sudah di rilis.

Kata kunci : tanaman tropis, koleksi, karakterisasi, pemanfaatan

PENDAHULUAN

Plasma nutfah merupakan bahan dasar dalam program pemuliaan. Pengelolaannya meliputi beberapa kegiatan yaitu eksplorasi, konservasi, karakterisasi / evaluasi, dokumentasi dan penelitian. Kegiatan eksplorasi tanaman hias dilakukan dengan mengoleksi varietas potensial dari luar dan dalam negeri juga varietas unggul daerah (Fagi, 1994). Selanjutnya deskripsi tiap kultivar yang dikoleksi menjadi langkah penting yang perlu dilakukan guna mempermudah pemulia menemukani karakter penting yang diperlukan untuk perakitan varietas unggul. Sementara karakterisasi merupakan pengamatan/evaluasi terhadap sifat-sifat kualitatif yang mudah dikenal, baik yang dipengaruhi maupun tidak dipengaruhi oleh lingkungan serta kuantitasnya (Soewito, 1994). Data karaketrisasi ini sangat berguna untuk pengelolaan plasma nutfah, menghindarkan duplikasi genotipe, salah pemberian nomor, dan dapat juga dipakai sebagai alat penilai keragaman plasma nutfah.
Untuk mendapatkan plasma nutfah baru dalam rangka pengkayaan keragaman sumber daya genetik tanaman, koleksi dan karakterisasi merupakan langkah awal yang perlu dilakukan dalam pengelolaan plasma nutfah. Plasma nutfah yang terkoleksi diidentifikasi terkait dengan taksonomi dan potensi pemanfaatannya. Tambahan spesies dan kultivar baru dikumpulkan sebagai koleksi dasar. Tahap berikutnya yaitu perbanyakan, produksi untuk skala luas, pengaturan jadwal untuk uji coba, evaluasi fisiologi, distribusi material, penyampaian informasi budidaya, dan pembelajaran untuk konsumen (Roh and Lawson, 1990). Sejak tahun 2003, Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) sudah mengumpulkan sejumlah plasma nutfah bunga tropis dari genus Zingiber, Etlingera, Curcuma, Alpinia, Hedychium (familia Zingiberaceae), genus Costus, Tapeinochilos (familia Costaceae), genus Calathea (Marantaceae). Dalam taksonominya, ordo Zingiberales terbagi dalam 8 familia yaitu Musaceae, Srelilziaceae, Lowiaceae, Heliconiaceae, Zingiberaceae, Costaceae, Cannaceae dan Marantaceae. Kebanyakan anggota dari 8 familia tersebut merupakan tanaman asli daerah tropis dan banyak yang dibudidayakan sebagai tanaman hias (Berry and Kress, 1991). Dua familia terbesar adalah Zingiberaceae dan Marantaceae. Zingiberaceae banyak diketemukan di daerah- daerah tropis Asia, sedangkan Marantacea terdapat di daerah tropis Amerika.
    Kelompok jahe-jahean (Zingiberaceae) banyak dikenal sebagai obat tradisional, bumbu atau penyedap, tetai sekarang dikenal pula sebagai tanaman hias atau tanaman taman. Beberapa memiliki rangkaian bunga, braktea dan bagian- bagian bunga yang menarik seperti Alpinia purpurata, Hedychium coronarium, H. coccineum, Globa winitii, Etlingera elatior, Curcuma roscoeana, C. alismatifolia, Kaempferia pulchra juga Zingiber spectabile (Larsen et. al, 1999) . Pemanfaatan langsung beberapa spesies tersebut sebagai tanaman induk telah menghasilkan varietas baru yaitu: Alpingera martinica yang merupakan hasil persilangan intergenerik antara Alpinia purpurata dan Etlingera elatior (Cayol dan Fereol, 1997), hasil persilangan varietas Jungle King dan Jungle Queen didapatkan varietas Federation Lady (Faag, 2001). Ini menunjukkan bahwa koleksi dan pemenfaatan plasma nutfah kelompok tanaman ini telah memberikan dampak positif terhadap pengembangannya.
        Tujuan penelitian adalah untuk melakukan koleksi, karakterisasi, evaluasi dan pemanfaatan plasma nutfah tanaman hias tropis. Melalui kegiatan ini diharapkan akan terkoleksi dan terkarakterisasi tanaman hias tropis potensial yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan tanaman tropis di Indonesia

--irm@n--

Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.196.38.114

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun