Mengenal Penyakit Krisan "Lanas Daun Pseudomonas"


Diupload oleh : Administrator
23 Maret 2018  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 296 kali






Salah satu kendala biotik dalam peningkatan produksi tanaman hias adalah serangan penyakit. Penyakit pada tanaman hias merupakan kondisi dimana sel dan jaringan tanaman tidak berfungsi secara normal, yang ditimbulkan karena gangguan secara terus menerus oleh agen patogenik atau faktor lingkungan dan akan menghasilkan perkembangan gejala. Hal ini disebabkan adanya  hubungan yang saling menguntungkan antara tiga faktor yaitu; tanaman rentan, penyebab penyakit/patogen dan lingkungan. Perubahan lingkungan dapat disebabkan oleh perubahan yang dibuat manusia atau terjadi secara alami. Beberapa faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan penyakit diantaranya iklim, pola tanam, varietas pemupukan, perubahan teknik budidaya dan penggunaan pestisida. Untuk bisa mempertahankan produksi maka penyakit tersebut perlu dikendalikan. Pengendalian dapat mencapai sasaran bila kita mengetahui sifat biologi penyakit yang bersangkutan.
Tanaman krisan mudah terserang penyakit bila kelembaban terlalu tinggi atau bila tanaman dalam kondisi stress/tidak sehat.  Lingkungan yang lembab terjadi pada saat musim penghujan, atau karena kondisi lingkungan pertanaman rapat sehingga sirkulasi udara yang tidak berjalan lancar.  Beberapa penyakit yang sering dijumpai pada tanaman krisan dapat disebabkan oleh bakteri, fungi, nematoda dan virus.

Lanas Daun Pseudomonas (Bakteri)

Deskripsi
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pseudomonas chicorii. Gejala penyakit ini berupa spot/bercak coklat kehitaman berair pada daun dan melebar hingga ke seluruh daun.  Spot ini seolah-olah mempunyai inti dan perlahan-lahan terpisah seperti gelombang.  Pada stadium serangan lebih lanjut, daun akan berwarna kecoklatan dan mengering.  Bakteri ini menyerang dengan intensitas tinggi bilamana kelembaban lingkungan pertanaman tinggi seperti pada musim hujan.  Bila serangan sudah parah, penyakit ini dapat mengakibatkan kematian tanaman.  Penyakit ini sangat sulit dikendalikan bila sudah mulai menyerang. Penanganan kuratif 
penyakit ini belum diketahui sampai saat ini. 

Pengendalian
Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan menanam bahan tanaman bebas penyakit, penyiraman dengan air yang tidak mengandung bakteri ini dan tidak membasahi daun terlalu lama, serta sanitasi lingkungan. Bilamana memungkinkan juga menghindari/meminimalkan aktifitas yang beresiko melukai tanaman.  Fungisida/bakterisida yang mengandung tembaga seperti yang berbahan aktif Cu-hidroksida juga dapat digunakan untuk pencegahan terutama pada saat musim serangan hebat.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.225.17.239

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun