Bupati Batang Panen Perdana Tanaman Hias Krisan: Wonobodro dan Keteleng Disiapkan untuk Pusat Pengembangan Tanaman Hias


Diupload oleh : Administrator, Sumber Berita/Artikel : suaramerdeka.com/Trisno Suhito
19 Desember 2016  |  Kategori :Info Aktual - Dibaca 1028 kali






Bupati Yoyok Riyo Sudibyo melakukan panen perdana tanaman hias krisan di Desa Wonobodro, Kecamatan Blado, Rabu (14/12). Panen perdana ini merupakan kerja sama Pemkab Batang dan Badan Litbang Kementerian Pertanian RI.

Sekretaris Bappeda Batang Bambang Suryantono Sudibyo yang juga panitia penyelenggara mengatakan,   penanaman krisan merupakan bagian dari program pengembangan kawasan tanaman hias di Kabupaten Batang yang diinisiasi oleh Bappeda Batang.

“Kegiatan ini berjalan berkat sinergi tiga SKPD. Yakni Bappeda sebagai koordinator, Dinas Pertanian dan Peternakan dalam hal sarana prasarana, serta Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) dalam hal bimbingan dan penyuluhan,” ujarnya.

Bambang mengatakan kebun bunga krisan dibangun di dua desa. Yakni Wonobodro dan Keteleng, Kecamatan Blado. Sedangkan pelaksana kegiatan adalah kelompok wanita tani dua desa tersebut dengan umur panen  tanaman hias krisan adalah tiga bulan. Ke depan, Wonobodro dan Keteleng akan dipersiapkan sebagai kebun benih krisan dan kebun krisan pot atau pengembangan kawasan tanaman hias.

Bupati Yoyok Riyo Sudibyo menyambut baik kehadiran kebun krisan yang hadir di Wonobodro. Bagi Yoyok, ini merupakan inovasi yang sangat bagus. Sehingga perlu didukung. Dirinya juga mengapresiasi Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mendukung kehadiran kebun krisan. Apalagi dirinya mendapat laporan dari ketua KWT yang mengurus bunga krisan. Ternyata lebih dari 10 ribu orang mengunjungi taman bunga krisan ini saat liburan kemarin.

“Terimakasih pada semua pihak yang membuat kebun bunga krisan di Wonobodro. Pemkab Batang dan Kementerian Pertanian akan memberikan dukungan lebih lanjut. Sehingga tempat ini akan dikembangkan menjadi lebih besar lagi,” kata Yoyok.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Kementerian Pertanian RI yang diwakili Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Rudy Suhendi mengatakan, melalui panen perdana krisan ini diharapkan menjadi interaksi positif antara perilaku usaha dalam pemecahan masalah atau kendala produksi untuk menghasilkan produk yang bermutu tinggi.

“Produksi krisan di dalam negeri secara nasional sekitar 600 juta tangkai dan 30 persen sudah menggunakan varietas dari Badan Litbang Pertanian. Kami sudah menghasilkan sekitar 80 varietas dan kebutuhan pemenuhan produksi masih kurang. Ini merupakan peluang untuk mengembangkan komoditas krisan secara berkelanjutan,” katanya.
(Trisno Suhito/CN40/SM Network)

Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.81.237.159

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun