Neem Oil, Sang Pestisida Nabati


Diupload oleh : Administrator
13 Desember 2016  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 1224 kali




Cianjur, 13 Desember 2016: ORGANISME penganggu tanaman (OPT) acap menjadi masalah keseharian para punggawa tanaman hias. Berbagai solusi selalu dikembangkan demi mengantisipasinya. Satu di antaranya adalah Dedi Hutapea, dari Laboratorium Entomologi Balai Penelitian Tanaman Hias Kementerian Pertanian, belum lama berselang. Dia menemukan bahwa tanaman Nimba bisa menjadi satu dari beberapa tumbuhan sumber bahan pestisida yang dapat dimanfaatkan untuk pengendalian OPT.

Dedi memaparkan, bagian tanaman Nimba yang dapat digunakan sebagai pestisida nabati adalah daun dan bijinya. Ekstrak daun dan biji Nimba mengandung senyawa aktif utama azadirachtin. Selain bersifat sebagai insektisida, Nimba juga memiliki sifat sebagai fungisida, bakterisida, maupun akarisida.



Dataran rendah dan lahan kering dengan ketinggian 0-800 meter di atas permukaan laut menjadi habitat yang sempurna untuk pertumbuhan Nimba. Tanaman ini umumnya berbuah pada umur 3-5 tahun, dan pada umur 10 tahun tanaman mulai produktif berbuah. Buah yang dihasilkan dapat mencapai 50 kilogram per pohon, sesuai dengan usia tanamannya. Meski begitu, Nimba hanya berbuah setahun sekali (sekitar Desember-Januari).

Berdasarkan kandungan bahan aktifnya, biji dan daun nimba mengandung azadirachtin, meliantriol, salanin, dan nimbin—hasil metabolit sekunder dari tanaman Nimba. Senyawa aktif tanaman Nimba tidak membunuh hama secara cepat. Walau begitu, zat dari Nimba berpengaruh terhadap daya makan, pertumbuhan, daya reproduksi, proses ganti kulit, menghambat perkawinan dan komunikasi seksual, penurunan daya tetas telur, dan menghambat pembentukan kitin. Selain itu juga berperan sebagai pemandul.



Nimba mempunyai sederet keunggulan. Di alam, senyawa aktif Nimba mudah terurai, sehingga kadar residu relatif kecil. Cara kerja Nimba pun spesifik, sehingga aman terhadap musuh alami dan vertebrata lainnya (manusia dan ternak). Nimba tak menimbulkan resistensi, karena jumlah senyawa aktifnya lebih dari satu. Dengan keunggulan di atas, produk pertanian berkualitas prima dan kelestarian ekosistem tetap terpelihara..

Walau demikian memang, persistensi insektisida yang singkat terkadang kurang menguntungkan dari segi ekonomis. Maklum, pada populasi yang tinggi diperlukan aplikasi yang berulang-ulang demi mencapai keefektifan pengendalian yang maksimal. Dan sampai saat ini, biaya produksi Nimba lebih mahal, sehingga harga jualnya belum tentu lebih murah dari insektisida sintetik. Tapi tentu, tak rugi bila dicoba. Bagaimana dengan Anda?.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.81.210.99

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun