SunPatiens, Varietas Baru Karya Indonesia-Jepang


Diupload oleh : Administrator
12 Oktober 2016  |  Kategori :Info Aktual - Dibaca 2265 kali




Cianjur, 12 Oktober 2016: BERAKIT-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Boleh jadi, perumpamaan itulah yang tepat buat menggambarkan hasil kerja keras Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (IAARD) dan Sakata Seed Corporation (SSC) dari Jepang, yang telah meluncurkan sebuah varian baru tanaman hias unggulan bernama SunPatiens pada 2016. Kerja sama level internasional ini untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas, dan publisitas kelembagaan litbang pertanian di bidang pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya genetik tanaman hias untuk kepentingan nasional.

Perjalanan pengembangan varietas baru tersebut menghabiskan waktu yang cukup lama, sejak 2004-2005 lampau. Maklum, urusan kesuksesan mencipta sebuah varietas tanaman memang membutuhkan periode yang tak sebentar.

Penemuan inovasi baru tersebut diberi nama SunPatiens, tipe baru dari kelompok tanaman Impatiens. Julukan SunPatiens telah dipatenkan dan digunakan sebagai merk dagang produk hibrida interspesifik Impatiens yang dihasilkan dari kerja sama IAARD dan SSC.



Kerja sama IAARD-SSC diawali dengan memanfaatkan Sumber Daya Genetik (SDG) dari Tanah Air. Pemanfaatan SDG yang diperoleh dari kegiatan ekplorasi tersebut menghasilkan Varietas Unggul Baru (VUB) Sunpatiens. Berdasarkan Access Benefit Sharing (ABS) Contract diwajibkan kepada pihak SSC membayar royalti sesuai kesepakatan.

Pada awalnya, pelaksanaan kegiatan kerja sama ini berjalan lambat karena belum adanya kesamaan pandangan antarpihak tentang ABS. Namun hingga 2015 lampau, telah diberikan enam kali pengiriman royalti dari SSC yang telah disetorkan ke kas negara Indonesia.

Dalam perjalanan penelitian dan pengembangan, akhirnya dihasilkan VUB yang toleran terhadap suhu tinggi dan kekeringan, cepat tumbuh, periode tumbuh yang panjang serta tahan hama atau penyakit, dan telah dikembangkan secara komersil ke seluruh dunia. Menurut data, Sunpatiens sudah menguasai pasar internasional dengan share market lebih dari 30 persen total volume penjualan dunia sebanyak 80 juta stek pucuk.

Saat ini varietas unggul Sunpatiens yang dihasilkan SSC menjadi tren baru preferensi pasar dunia. Permintaan akan VUB spontan meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan keberhasilan itu pula, SSC meminta perpanjangan kerja sama kepada Indonesia pasca-2016. Tujuannya, pemanfaatan dan pelestarian SDG untuk kepentingan kedua belah pihak.



Keuntungan yang didapat IAARD dari kerja sama litbang tanaman hias pasca-2016 diarahkan pada: royalti dari hasil komersialisasi varietas, penemuan SDG dari hasil ekploitasi, peningkatan kemampuan keahlian di bidang pemuliaan, serta peningkatan kapasitas dan fasilitas penelitian.

Hingga kini telah dilaksanakan kegiatan eksplorasi sumber daya genetik Impatiens endemik di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Dari eksplorasi tersebut diperoleh aksesi plasma nutfah yang tahan terhadap suhu tinggi dan kekeringan, tahan hama dan penyakit, tumbuh cepat dan intensif serta periode produktif yang relatif panjang.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.225.17.239

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun