Open House Balitbang Tanaman Hias 2016: INOVASI ADALAH KATA KUNCI


Diupload oleh : Administrator
06 September 2016  |  Kategori :Info Aktual - Dibaca 2205 kali






Segunung Pacet-Cianjur, 6 September 2016: INOVASI menjadi kata penting dalam perhelatan akbar yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pertanian kali ini. Pasalnya jelas, penguasaan inovasi adalah kebutuhan mendesak demi merebut posisi penting sebagai pemasok utama produk florikultura di pasar internasional. “Hal ini sejalan dengan target sukses Kementerian Pertanian yaitu pencapaian peningkatan ekspor untuk peningkatan penerimaan devisa,” kata Sekretaris Balitbang M. Prama Yufdy, menyampaikan pidato pembukaan Open House Tanaman Hias dari Kepala Balitbang Pertanian M. Syakir, di Segunung Pacet, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (6/9).

Acara Open House Tanaman Hias 2016 dihadiri oleh lebih dari 500 orang peserta undangan. Turut hadir pada acara ini  Wakil Ketua Komisi IV DPT RI Siti Hediati Soeharto, dan Presiden Direktur Sakata Seed Corporation, Hiroshi Sakata beserta stafnya dari Negeri Sakura. Selain itu tampak bupati dari wilayah Cianjur, Wonosobo (Jawa Tengah), Batang (Jateng), bupati Garut (Jabar), pejabat pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah pusat. Dari kalangan stake holder hadir para ketua asosiasi dan perhimpunan florikultura, ketua kelompok tani, pimpinan gabungan kelompok tani florikultura, hingga para pelaku usaha tanaman hias. Tak ketinggalan tentu, para profesor riset, peneliti, pengkaji, sampai para perekayasa, penyuluh, petani, pedagang, pelaku usaha serta pemerhati tanaman hias, para pelajar dan masyarakat umum. Acara ini memiliki 3 agenda kegiatan utama yaitu (1) International Launching varietas Impatiens, (2) Display varietas dan teknologi budidaya dan perbenihan krisan, lily, anthurium dan aggrek dan (3) Temu stakeholder.  Kerjasama penelitian Litbang Tanaman Hias yaitu dengan Sakata Seed Corporation (SSC) Jepang inovasi tanaman Hias Impatiens, telah menghasilkan varietas baru Sunpatiens yang memilki keunggulan tahan kering sehingga sangat adaptif pada kondisi panas tropis. 

            

Pada pembukaan acara ini, Prama Yufdy menegaskan bahwa tema perhelatan Balitbangtan  sudah sesuai dengan kondisi lingkungan strategis saat ini. Yakni Pengembangan Invensi dan Penerapan Inovasi Melalui Kerja Sama Kemitraan untuk Mendukung Industri Florikultura Nasional yang Mandiri, “Untuk mendukung terbangunnya sistem dan usaha agribisnis florikultura yang menjadi tumpuan pembangunan ekonomi nasional”.

Penciptaan terobosan inovasi dapat dilakukan bila penyelenggaraan litbang florikultura berubah dari yang bersifat business as usual ke arah penelitian yang beorientasi pada pemecahan masalah secara cepat. “Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan potensi sumber daya dan kelembagaan yang tersedia,” ujar Prama Yufdy. Subsektor florikultura pun mesti dibangun dengan menggunakan sumber daya nasional. Agar, mampu merebut posisi strategis di level internasional dan hadir sebagai produsen yang menguasai pasar global.

              

Momentum Open House Tanaman Hias 2016 ini, diharapkan bisa mempercepat hilirisasi inovasi teknologi yang dihasilkan bagi pengguna. Termasuk tentu, peningkatan interaksi positif antar-stake holder dalam pengembangan inovasi berbasis sumber daya nasional. Tak ketinggalan, nilai tambah jejaring kerja sama penelitian tanaman hias untuk pemanfaatan dan optimasi sumber daya nasional bakal bermuara pada peningkatan daya saing industri florikultura lewat penerapan inovasi secara berkelanjutan. “Semoga mampu mempercepat tercapainya kemandirian ekonomi bangsa melalui pengurangan kebergantungan impor dan peningkatan ekspor komoditas florikultura”, demikian disampaikan pada akhir dari sambutan Kepala Balitbangtan Dr. M. Syakir yang diwakili oleh Sekretaris Balitbangtan, Dr. M Prama Yufdy.

Informasi terkait kegiatan acara OPEN HOUSE TANAMAN HIAS 2016 lainnya, 
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.225.17.239

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun