Bimbingan Teknis Standar Budidaya dan Pemeliharaan Anggrek PPL Kabupaten Wonosobo


Diupload oleh : Wisnu Ardi Pratama
12 Mei 2016  |  Kategori :Info Aktual - Dibaca 2202 kali






Balai Penelitian Tanaman Hias beberapa Waktu yang lalu mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo untuk memberikan pelatihan atau bimbingan teknis mengenai standart budidaya dan pemeliharaan bunga Anggrek. Sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa Kabupaten Wonosobo telah menjalin hubungan yang harmonis dengan Balithi sejak adanya kerjasama pembuatan taman konservasi Anggrek di Pendopo Kabupaten Wonosobo. Kerja sama tersebut terbukti terus terjalin hingga saat ini, setelah sebelumnya pula, Balithi menggelar gelar teknologi tanaman Krisan di daerah Dieng Kabupaten Wonosobo.

Kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan selama 3 hari ini diikuti oleh 10 PPL yang tersebar di Kabupaten Wonosobo.Selama di Balithi, mereka dibimbing oleh para peneliti Balithi yang berkompeten di Bidangnya masing-masing. Dr Ir Suskandari Kartikaningrum memberikan materi bimbingan dan praktek langsung mengenai budidaya Anggrek dan sekaligus menjawab beberapa kendala umum yang biasa dihadapi oleh para peserta dalam membudidayakan Anggrek. Secara geografis sebenarnya Wonosobo memiliki kesamaan dengan Balithi, dimana memiliki ketinggian tempat yang hampir mirip.

Selain mempelajari mengenai budidaya Anggrek, para peserta bimbingan teknis dari Kabupaten Wonosobo juga mendapatkan materi mengenai Hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman Anggrek. Untuk materi hama dan penyakit tanaman ini disampaikan langsung oleh peneliti Balithi yaitu Dedi Hutapea SP, MSi. Bahan Materi tentang hama ini dimulai dengan pengenalan beberapa hama yang sering menyerang tanaman Anggrek, sampai pada metode atau cara menanggulanginya.

Akhir dari Bimbingan teknis ini, para peserta diajak untuk mengunjungi Kebun Percobaan Balithi yang ada di Cipanas. Para peserta dapat melihat secara langsung beberapa koleksi Anggrek milik Ir. Dedeh Siti Badriah dab juga berkunjung ke UPBS Balithi.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.226.36.60

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun