Ensiklopedia Hama dan Penyakit Penting Tanaman Hias Krisan (Part 6)


Diupload oleh : Administrator
28 Maret 2016  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 2211 kali






Ulat Grayak Spodoptera litura F.
Ordo    :  Lepidoptera
Famili    :  Noctuidae



Deskripsi
Hama ini bersifat polifag, dengan tanaman inang utama cabai, kubis, padi, jagung, tomat, tebu, buncis, jeruk, tembakau, bawang merah, terung, kentang, kacang-kacangan, kangkung, bayam, pisang, dan gulma. Larva yang masih kecil merusak daun dengan meninggalkan sisa-sisa epidermis bagian atas/transparan dan tinggal tulang-tulang daun saja.  Gejala serangan pada daun rusak tidak beraturan, bahkan kadang-kadang hama ini juga memakan tunas dan bunga.  Pada serangan berat menyebabkan daun tanaman habis.  Intensitas serangan tinggi biasanya terjadi pada musim kemarau.

Sayap imago serangga ini bagian depan berwarna coklat atau keperak-perakan, sayap belakang berwarna keputih-putihan dengan bercak hitam.  Imago dapat terbang sejauh 5 kilometer.  Serangga betina dapat meletakkan 2000-3000 telur selama siklus hidupnya. Telur berbentuk hampir bulat dengan bagian datar melekat pada daun atau bagian tanaman lain (kadang-kadang tersusun 2 lapis), berwarna coklat kekuning-kuningan diletakkan berkelompok (masing-masing kelompok berisi 25-500 butir) dengan bentuk yang bermacam-macam. Kelompok telur tertutup bulu seperti beludru yang berasal dari bulu-bulu tubuh bagian ujung imago betina.

Warna larva bervariasi dan mempunyai kalung seperti bulan sabit berwarna hitam pada segmen abdomen yang ke-empat dan ke-sepuluh.  Pada sisi lateral dan dorsal terdapat garis kuning.  Ulat yang baru menetas berwarna hijau muda dengan bagian samping berwarna coklat tua atau hitam kecoklat-coklatan dan hidup berkelompok.  Larva menyebar dan tidak aktif pada siang hari, bersembunyi dalam tanah (tempat yang lembab) dan menyerang tanaman pada malam hari.  Biasanya ulat berpindah ke tanaman lain secara bergerombol dalam jumlah besar.
Warna dan perilaku larva instar terakhir mirip ulat tanah, perbedaan hanya pada tanda bulan sabit, berwarna hijau gelap dengan garis punggung warna gelap memanjang.  Pada umur 2 minggu panjang ulat dapat mencapai sekitar 5 cm.  Larva berubah menjadi pupa tanpa kokon dalam tanah berwarna coklat kemerahan dengan panjang sekitar 1,6 cm.  Siklus hidup berkisar antara 30-60 hari. 

Pengendalian
Pengendalian dengan sanitasi lingkungan pertanaman terutama gulma yang juga merupakan inang hama ini. Pengolahan tanah yang baik dan benar dapat mematikan stadia pupa karena terjemur oleh sinar matahari. Solarisasi adalah penutupan permukaan tanah menggunakan  plastik polietilin selama 1,5 bulan. Solarisasi dilakukan setelah pencangkulan pertama. Mulsa plastik hitam perak dapat digunakan untuk memutus siklus hidup hama sehingga ulat grayak tidak dapat berkepompong di dalam tanah di sekitar tanaman karena terhalang oleh mulsa plastik tersebut. Penggunaan insektisida nabati seperti neem oil, daun suren, sereh wangi dapat dilakukan untuk menekan populasi hama ulat grayak. Penggunaan insektisida berbahan aktif deltametrin, fipronil atau tiodikarb dapat dilakukan jika populasi hama atau intensitas serangannya telah mendekati nilai ambang pengendalian.

Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.225.17.239

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun