Pembangunan Taman Sains Pertanian Banjarbaru


Diupload oleh : Wisnu Ardi Pratama
13 Januari 2016  |  Kategori :Info Aktual - Dibaca 2619 kali






Badan Litbang Pertanian telah melakukan beberapa kegiatan Taman Sains Pertanian di berbagai lokasi, salah satunya adalah di Kalimantan Selatan. Taman Sains Pertanian di Banjarbaru dibangun bertujuan sebagai ajang desiminasi untuk pengelolaan lahan rawa di Indonesia. Jadi dapat dijadikan sebagai acuan atau percontohan model penerapan tekhnologi di lahan rawa. Lokasi TSP ini terletak di kebun percobaan Banjarbaru. Kebun Percobaan Banjarbaru ini memiliki luas yaitu 42,6 ha.

Rencana kegiatan yang akan dilakukan diantaranya adalah tahun pertama yaitu kegiatan fisik. Kegiatan fisik ini meliputi pembangunan infrastruktur berupa penataan lahan, sistem surjan, pembangunan saluran irigasi atau drainase, pembangunan kandang, dan pembangunan jalan2 usaha tani.

Spesifik dari TSP lahan rawa Banjarbaru adalah pemanfaatan sistem surjan yang bertujuan untuk optimalisasi lahan dan juga untuk diversifikasi tanaman. Selain itu spesifik lainnya adalah penggunaan teknologi saluran satu arah yang dilengkapi dengan pintu tabat, serta adanya koleksi tanaman buah eksotik yaitu sekitar 150 tanaman.

Dalam kegiatan TSP ini juga akan dibangun taman yang letaknya tepat ditengah2 lokasi dan berfungsi untuk menarik perhatian para scientifis maupun masyarakat agar mau berkunjung ke lokasi TSP Banjarbaru.  Sehingga area tsp ini juga bermanfaat sebagai sarana pendidikan dan hiburan.

Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.225.17.239

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun