Preferensi Konsumen Gerbera dan Phalaenopsis


Diupload oleh : Wisnu Ardi Pratama, Sumber Berita/Artikel : Wisnu Ardi Pratama, SP
12 November 2015  |  Kategori :Info Aktual - Dibaca 2416 kali






Dalam rangka menjawab tuntutan pasar berkaitan dengan tanaman hias, Balithi selalu berupaya untuk menciptakan varietas-varietas baru guna memenuhi permintaan konsumen yang terus berubah setiap waktunya. Salah satu upaya yang dilakukan Balithi untuk mengetahui selera pasar tanaman hias adalah dengan melakukan uji preferensi konsumen terhadap varietas dan calon vareitas yang telah dihasilkan Balithi, khususnya untuk komoditas Gerbera dan Anggrek Phalaenopsis.

Di awal November ini, Balithi telah mengadakan kegiatan Uji Preferensi Konsumen terhadap varietas untuk komoditas Gebera dan Phalaenopsis yang sudah dihasilkan. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memilih varietas terbaik yang disukai oleh pasar. Pasar disini bukan hanya konsumen, namun  juga para pelaku usaha tanaman hias yang meliputi pihak swasta maupun petani tanaman hias. Selain tujuan utama tersebut, diharapkan ada feed back dari petani maupun pihak swasta dalam rangka memberikan masukan terhadap Balithi agar ke depannya dapat menghasilkan varietas-varietas baru yang lebih baik.

Dalam sambutannya, Kepala Balithi mengatakan bahwa Balai Penelitian Tanaman mengakui betapa pentingnya  forum temu lapang dengan petani guna mengetahui selera pasar terkait beberapa varietas baru yang dihasilkan oleh Balithi. Disampaikan juga bahwa Balithi diberi mandat oleh Kementrian pertanian untuk melakukan penelitian-penelitian terkait pengembangan tanaman hias. Untuk itu, berbagai sarana dan prasarana pendukung beserta SDM yang ada disediakan untuk mendukung program tersebut.

Kepala  Puslitbanghorti pada kesempatan tersebu juga mengatakan bahwa diharapkan inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh Balithi dapat mengalir ke para petani, sehingga adopsi tekhnologi bisa berjalan dengan baik. Walaupun fokus kementerian saat ini adalah di tanaman pangan, namun Kepala  Puslitbanghorti yakin bahwa tanaman hias juga perlu tetap diperhitungkan dalam rangka peningkatan perekonomian rakyat, khususnya petani tanaman hias. Beliau mencontohkan bahwa dengan luasan lahan lebih kecil daripada luasan lahan tanaman pangan, tanaman hias mampu memberikan keuntungan lebih besar untuk petani. Dari sini terbukti bahwa usaha tani tanaman hias harusnya tidak lagi dipandang sebelah mata.

Dalam acara ini semua peserta acara diajak berkeliling sekitar lokasi untuk melihat dan memilih beberapa varietas dan calon varietas Gerbera dan Phalaenopsis yang disukai stakeholder. Sebelumnya , peneliti Balithi juga memberikan penjelasan untuk memperkenalkan beberapa varietas yang akan dipreferensikan. Tidak hanya itu, para peserta juga diperlihatkan cara budidaya Gerbera dan Phalaenopsis melalui tayangan video.

Dalam acara Preferensi konsumen ini, akhirnya terpilih 3 varietas gerbera dominan yaitu Athalia Agrihorti, Ayudia Agrihorti dan Neoma Agrihorti. Sedangkan untuk klon Gerbera terpilih adalah 03045, 11043, 21035 dan 26012. UntukAnggrek Phalaenopsis varietas yang terpilih adalah  Ayu Pratiwi, Ayu Suciati, Indu Pramesi, Ag 277.2 , Balithi ST 005 , KD 01.17.529 wangi , 07025.48 dan D1044,28 , D826.18 .














Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.166.207.223

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun