Gelar TeknologiI dan Temu Bisnus Tanaman Hias Krisan Di Solok-Sumatera Barat


Diupload oleh : Wisnu Ardi Pratama, Sumber Berita/Artikel : Jasa Penelitian Balithi
12 Oktober 2015  |  Kategori :Info Diseminasi - Dibaca 3467 kali






Kegiatan diseminasi gelar teknologi merupakan rangkaian acara diseminasi teknologi tanaman hias pada daerah-daerah dengan potensi pengembangan budidaya tanaman hias.  Di Kabupaten Solok-Sumatera Barat, introduksi teknologi produksi krisan bunga potong telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu.  Introduksi krisan di Solok didahului dengan pelatihan pemandu krisan yang dilaksanakan di Balithi pada tahun 2007.  Melalui berbagai induksi, tanaman hias mulai berkembang di Solok Sumatera Barat dengan terbentuknya satu kelompok tani di daerah tersebut.  Pada tahun-tahun berikutnya, induksi teknologi budidaya krisan kemudian dilanjutkan pada tahun 2010, yaitu dengan memperkenalkan beberapa varietas krisan unggul baru.

Kegiatan diseminasi kemudian dilanjutkan dalam kerangka kerja program pengembangan kawasan florikultura.  Pendekatan kawasan dirasa lebih mengena, dikarenakan potensi dan perkembangan usaha budidaya tanaman hias pada skala ekonomi mulai menggeliat sebagai komoditas unggulan baru di Solok.  Mulai tahun 2012, program pengembangan tanaman hias krisan di Solok ditingkatkan pada level pengembangan kawasan tanaman hias berdaya saing dengan pemanfaatan sumber daya lokal.  Pemanfaatan sumber daya lokal yang dipandukan dengan teknologi spesisik lokasi, memberikan dampak peningkatan efisiensi produksi dan keuntungan bagi petani.

Pada tahun 2015, level pengembangan kawasan florikultura krisan di Solok ditingkatkan pada level pendampingan.  Model ini dipilih, dikarenakan kemampuan petani dalam memproduksi tanaman hias yang ‘marketable’ dianggap sudah baik, dan pengembangan kegiatan lebih difokuskan pada pengembangan kelembagaan petani dan mata rantai pemasaran dengan mendekatkan konsumen ke produsen.  Gelar Teknologi dan Temu Bisnis dirancang selain untuk memperkenalkan mengintroduksikan varietas unggul baru krisan, juga dirancang untuk menjadi ajang pertemuan dari berbagai sektor dalam merumuskan komitmen untuk pengembangan agribisnis yang lebih luas.

Pada display gelar teknologi, ditampilkan 5 varietas unggul baru krisan yang adaptif di daerah tropis dan tahan penyakit penting seperti Puspita Nusantara, Arusoko Pelangi, Kineta, Solinda Pelangi dan Kusumawasti.  Varietas-varietas ini ditanam di salah satu kelopok tani ‘Seruni’ di Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok.  Performa tanaman hingga saat berbunga dapat dikategorikan tumbuh baik, dengan serangan OPT rendah.

Temu bisnis florikultura dihadiri oleh beberapa kelompok tani tanaman hias, stakeholder seperti asosiasi tanaman hias, dekorator, florist, pemangku kepentingan seperti Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Barat, BPTP Sumatera Barat dan Balai Penelitian Tanaman Hias selaku penghasil teknologi krisan nasional.  Rumusan temu bisnis florukultura menghasilkan beberapa komitmen penting, diantaranya kemudahaan petani dalam mengakses teknologi, info pasar dan perlunya sinergi pengembangan komoditas dalam pendekatan kawasan florikultura.  Dinas Pertanian Kabupaten Solok dan Propinsi Sumatera Barat pun berkomitmen akan terus melakukan pendampingan kelembagaan dan memfasilitasi pertemuan-pertemuan strategis untuk mendukung pengembangan tanaman hias di Solok lebih luas.

Kegiatan lain, dalam kunjungan kerja di Solok adalah mengunjungi kesiapan Balai Benih Hortikultura dalam menghasilkan benih sebar krisan yang sehat dan bermutu.  Saat ini Balai Benih hortikultura telah mempunyai kebun tanaman induk krisan dan telah memproduksi benih krisan yang didistribusikan ke petani dan telah berhasil mensuplai 20% kebutuhan benih krisan di Kabupaten Solok.  Permasalahan pada produksi benih krisan adalah serangan penyakit karat yang masih terdeteksi di beberapa varietas dan program sertifikasi benih yag belum terprogram secara jelas.  Balithi dalam hal ini akan melakukan program pendampingan teknologi produksi benih sebar krisan dengan penerapan SOP budidaya tanaman induk dan produksi stek dan membantu dalam perencanaan sertifikasi benih krisan yang diproduksi balai benih pada program pendampingan mendatang.

Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.81.210.99

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Penelitian dan Pengembangan... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Kerjasama Pengembangan Komoditas Hortikultura di... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    ... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Otomasi Fertigasi pada Budidaya Tanaman Krisan dengan... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun