Gelar Teknologi Krisan Dan Partisipasi Dalam Tomohon International Flower Festival 2015 Di Tomohon, Sulawesi Utara


Diupload oleh : Irman Firmansyah
20 Agustus 2015  |  Kategori :Info Diseminasi - Dibaca 1898 kali






Acara pembukaan parade mobil hias yang sekaligus pembukaan resmi TIFF dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Utara yang dihadiri oleh Duta besar dan Perwakilan Negara Sahabat. Sebanyak lebih dari 33 float mobil hias diparadekan yang diiringi oleh kesenian daerah dari hampir seluruh wilayah Indonesia. Daerah-daerah yang turut ambil bagian pada parade mobil hias sekaligus menampilkan kesenian daerah nya antara lain Kota Batu (Jawa Timur), Sumatera Barat dan Minahasa. Sedangkan beberapa Negara sahabat yang turut ambil bagian pada parade mobil hias adalah Amerika Serikat, Perancis, Filipina, Selandia Baru dan India. Float mobil hias Litbang Pertanian dinyatakan sebagai JUARA I pada parade mobil hias di TIFF 2015.

Kegiatan Gelar Teknologi varietas krisan dilaksanakan di area pertanaman Balai Benih Pertanian, Dinas Pertanian Kota Tomohon. Varietas-varietas krisan yang didisplaykan adalah Limeron, Kineta, Solinda Pelangi, Arusuko Pelangi, Pasopati, Merah Hayani, Riri dan Kulo yang telah ditanam 3 bulan yang lalu dengan pengawalan teknologi budidaya standar.

Pada Agroklinik ditampilkan teknologi perbenihan berbagai tanaman hias dari skala in vitro hingga in vivo, diantaranya sedap malam, krisan, gladiol dan mawar. Agroklinik dipandu oleh seorang narasumber yang menjelaskan teknologi perbanyakan/perbenihan dan budidaya komoditas tanaman hias yang ditangani oleh Balithi.

Pada sesi parade mobil hias, Badan Litbang Pertanian melalui Puslitbang Hortikultura menampilkan float mobil hias bertema pengawalan litbang pertanian dalam peningkatan produktifitas pertanian. Struktur mobil hias dibentuk dengan menggunakan tempelan bunga segar, dengan menara air mancur sebagai focus utama tema mobil hias. Air mancur ini disimbolkan sebagai litbang pertanian yang tiada hentinya mengawal pembangunan pertanian di Indonesia dengan menghasilkan teknologi inovasi yang didiseminasikan bagai air yang mengalir kepada stake holder/petani. Di bawah menara air, dilengkapi dengan ornament yang menyerupai segala bentuk komoditas litbang pertanian dari sektor pangan hingga hortikultura, yang melambangkan komoditas unggulan dan prioritas litbang pertanian dalam mendukung ketahanan pangan.

 

Sumber: Dr. Rudy Soehendi & Dr. Kurniawan Budiarto, 2015

Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.225.17.239

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun