Pelaksanaan Baseline Survey Dan Pra Dalam Rangka Mensukseskan Program Taman Techno Pertanian (TTP) Dan Taman Science Pertanian (TSP) Di Kalimantan Selatan


Diupload oleh : Irman Firmansyah
06 Juli 2015  |  Kategori :Info Aktual - Dibaca 1999 kali






Tim TTP Puslitbang hortikultura bersama-sama dengan BPTP Kalsel melakukan rapat koordinasi dengan Bupati kabupaten Tanah Laut yang diwakili oleh Kaspul Hadi selaku Asisten 2. Rapat koordinasi yang dilaksanakan di ruang rapat Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Laut ini juga dihadiri oleh tim Hidrologi, Perwakilan dari Balai Penelitian, Loka Penelitian Sapo, Balai Besar  Mekanisasi Pertanian dan Balai Besar Pasca Panen.  Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura selaku pimpinan rapat menyatakan bahwa koordinasi antara tim dari kementrian pertanian dengan Pemda Tanah laut sangat penting untuk mensukseskan kegiatan TTP di Kabupaten Tanah laut.

Selanjutnya, Kabid. Program dan Evaluasi Puslit Hortikultura  memaparkan hasil survey sementara terhadap kondisi daerah tujuan TTP di Tanah Laut.  Kegiatan survey meliputi survey keadaan tanah, sosial ekonomi, design taman techno park, dsb. Survey akan dibedakan menjadi dua wilayah, yaitu wilayah tujuan dan wilayah control. Pembagian ini bertujuan apabila dalam jangka waktu yang lama terjadi perubahan keadaan alam karena hal-hal yang tidak diinginkan, wilayah kontrol akan memberikan jawaban mengenai perubahan tersebut.

Dalam rapat yang dihadiri pula oleh perwakilan dari perguruan tinggi Unlam dan Poltek ini,  2 desa yang dijadikan sebagai wilayah tujuan dan akan dilakukan baseline survey, yaitu Desa Telaga dan Desa Batilai. Sedangkan, untuk wilayah control ditentukan desa Ranggang dan desa Karang taruna. Pemilihan Wilayah kontrol berdasarkan keadaan geografis yang mirip dengan wilayah utama TTP. 

Setelah melakukan rapat koordinasi dan pemantapan rencana kegiatan TTP,  tim mulai menuju dua desa Telaga dan Batilai. Tim berkumpul di salah satu ketua kelompok tani yang ada di Desa Telaga dan Batilai. Survey dilakukan dengan metode kuisioner. Di desa Telaga dilakukan pengisian kuisioner sebanyak 25, sedangkan di Desa Baltilai pengisian kuisioner dilakukan oleh 18 petani dari 9 kelompok tani. Baseline survey ini meliputi survey upah ternaga kerja perhari, biaya produksi petani dan penghasilan perbulan petani. Survey juga dilakukan oleh tim Hidrologi terhadap sarana irigasi dan embung yang tersedia di desa Telaga dan juga batilai

Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.166.207.223

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun