Diskusi Balithi Dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha Terkait Perbenihan Tanaman Hias


Diupload oleh : Jasa Penelitian
18 November 2014  |  Kategori :Info Diseminasi - Dibaca 1968 kali






Diskusi tentang perbenihan tanaman hias dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Hias dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bertempat di Balithi pada tanggal 11 November 2014.
Pada pertemuan ini dibahas perihal peta industri perbenihan tanaman hias nasional dan upaya pengembangam industri perbenihan berbasis sumber daya lokal.
Forum diskusi tersebut dihadiri oleh Kepala Balithi (Dr. Ir. Rudy Soehendy, MS), Koordinator Program (Prof(R). Dr. Ir. Budi Marwoto, MS) dan Staf seksi Jasa Penelitian.

Pada kesempatan tersebut, Prof (R). Dr. Ir Budi Marwoto, MS menjelaskan tentang konstelasi industri perbenihan tanaman hias di Indonesia dan perkembangannya.  Beliau menjelaskan, bawah basis pembangunan industri tanaman hias nasional tidak terlepas dari dukungan lembaga penelitian, dalam hal ini Balai Penelitian Tanaman Hias.  Aplikasi inovasi teknologi merupakan kunci utama dalam keberhasilan kemandirian usaha perbenihan tanaman hias yang berbasis sumber daya lokal.

Prof (R). Dr. Ir. Budi Marwoto, MS juga mengatakan bahwa dampak inovasi teknologi di bidang perbenihan tanaman hias di Indonesia sangat signifikan, diantaranya dengan berkurangnya impor benih tanaman hias dari luar negeri.   Benih tanaman hias Indonesia bahkan sudah menembus pangsa ekspor dunia, diantaranya ke Jepang dan Timur Tengah.

Menanggapi pertanyaan salah satu anggota KPPU perihal perbandingan usaha perbenihan sayuran dan tanaman hias, beliau mengemukakan bahwa penggunaan teknologi pada proses produksi benih tanaman hias lebih kompleks.  Pemanfaatan teknologi tinggi diperlukan dari tahap pra-produksi hingga pasca panen. Sebagai contoh, aplikasi teknologi irigasi, pemupukan, perbanyakan benih, aplikasi fotoperiodesitas dan hormon harus tepat digunakan tidak hanya pada benih yang diproduksi tetapi pada tanaman induknya.

Lebih lanjut beliau juga menjelaskan pola pembinaan kepada petani berkaitan dengan kompleksitas penggunaan inovasi teknologi tersebut.  Pola kemandirian usaha merupakan kunci sukses usaha tani tanaman hias di tingkat petani.  Segmentasi usaha merupakan salah satu strategi dalam pengembangan usaha tanaman hias yang menghubungkan para petani dalam instalasi yang saling terkait, sehingga pola kemitraan yang saling menguntungkan akan dapat dibangun.  Salah satu contoh pola pengembangan industri perbenihan tanaman hias barkaitan dengan semakin banyaknya sentra-sentra produksi tanaman hias di tanah air, yaitu dengan meningkatkan jumlah penangkar benih tanaman hias yang bertujuan agar petani dapat mengakses benih bermutu lebih cepat.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.80.96.153

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun