Jangan ragu, benih krisan UPBS Balithi bermutu : Kami menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) SNI ISO 9001:2008


Diupload oleh : Jasa Penelitian, Sumber Berita/Artikel : Evi Dwi Sulistyo Nugroho SP. MSi
23 Juni 2014  |  Kategori :Info Diseminasi - Dibaca 1459 kali






UPBS Balithi melakukan penyempurnaan dan penerapan Sistem Manajemen Mutu  (SMM) untuk ruang lingkup benih krisan berdasarkan ISO 9001-2008. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pada tahun-tahun sebelumnya dimulai dengan perbaikan dokumen dan pelaksanaan kegiatan dengan mengacu pada panduan yang telah dibuat oleh UPBS sebelum diajukan ke lembaga sertifikasi sistem manajemen mutu benih.

Dokumen Sistem Manajemen Mutu (SMM) dengan ruang lingkup produksi benih sumber krisan telah dibuat mulai Level I sampai Level IV. Perbaikan dan pengawasan dilakukan salah satunya dengan melaksanakan evaluasi dan audit internal serta  tinjauan manajemen. UPBS Balithi sudah melakukan uji coba selama satu tahun ditahun 2013 sebagai implementasidari dari pelaksanaan SMM mengacu pada dokumen SMM yang dibuat.
Hasil evaluasi uji coba penerapan SMM benih krisan pada tahun 2013, menunjukkan bahwa pelaksanaan SMM dapat diterapkan dalam kegiatan proses produksi dan distribusi benih sumber krisan. Berdasarkan hal tersebut, maka pada Bulan November 2013 UPBS Balithi melakukan pengajuan permohonan sertifikasi yang disertai dengan dokumen mutu ke Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (LSSMBTPH) Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dan Direktorat Jenderal Tanaman Hortikultura.

Tidak lanjut dari permohonan yang dilakukan, adalah audit oleh LSSMBTPH berupa  pemeriksaan dokumen, yang kemudian dilanjutkan dengan audit ke lokasi UPBS Balithi dibulan Desember 2013 untuk mengaudit dokumen, sarana prasarana, proses produksi dan pelaksanaan uji coba SMM benih krisan.

UPBS Balithi secara aktif  memperbaiki hasil audit oleh LSSMBTPH. Setelah melewati beberapa proses perbaikan, maka pada tanggal 23 April 2014 UPBS Balithi mendapatkan sertifikat sistem manajemen mutu untuk ruang lingkup benih sumber krisan. Pengambilan sertifikat SMM dilakukan di kantor LSSMBTPH Ditjen Tanaman Pangan Jakarta

Sistem manajemen mutu pada kegiatan UPBS ditujukan untuk menghasilkan benih sumber tanaman hias yang memenuhi standar mutu benih yang sesuai persyaratan pelanggan. Untuk melaksanakan dan memelihara sistem manajemen mutu ini, UPBS menuangkan secara tertulis kebijakan dan tujuan mutu. Dokumen sistem manajemen mutu terdiri atasĀ  4 level yaitu Level 1 : Panduan Mutu; Level 2 : Dokumen Prosedur; Level 3 : Instruksi Kerja dan Level 4 : Formulir/Rekaman.
Proses-proses yang diperlukan untuk sistem manajemen mutu mencakup proses untuk kegiatan manajemen, penyediaan sumber daya, produksi, pengemasan, pemasaran benih dan pemantauan untuk perbaikan berkelanjutan. Standar ini berlaku secara umum bagi UPBS Balithi dan bagian-bagian lain di Balithi yang terkait dengan kegiatan UPBS Balithi. Ruang lingkup penerapan Sistem Manajemen Mutu Produksi Benih Sumber Krisan UPBS Balithi mencakup proses produksi benih sumber krisan yang dimulai dari tahap perencanaan, pengelolaan materi pertanaman stok, pengolahan calon benih, pemeriksaan mutu benih, pelabelan, pengemasan dan distribusi benih sehingga produk benih sumber krisan yang dihasilkan ada jaminan mutu.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.166.207.223

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun