Field Day Inovasi Teknologi Tanaman Hias (FDIT) II di Tabanan Bali


Diupload oleh : Jasa Penelitian
14 November 2011  |  Kategori :Info Aktual - Dibaca 1020 kali






Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Puslitbang Hortikultura dan Balai Penelitian Tanaman Hias telah menggelar Field Day Inovasi Teknologi Tanaman Hias II (FDIT II) di kawasan Tabanan, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali pada tanggal 9-10 November 2011. Gelar acara FDIT II di daerah tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa kawasan Tabanan merupakan salah satu daerah potensial bagi pengembangan florikultura di Bali.

Kegiatan FDIT II pada tanggal 9 November 2011 meliputi: Klinik Agribisnis, Lomba Merangkai Bunga untuk pelajar SLTA, dan Pelatihan Usaha Florikultura seperti pembuatan pupuk organik, dan agri training camp. Selain itu juga digelar  acara Temu Bisnis dan Sarasehan Florikultura yang dibuka dan dipandu langsung oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias Dr. Muchdar Soedarjo, MSc. dan Koordinator Program Dr. Budi Marwoto, MS. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 50 orang yang terdiri dari pelaku usaha florikultura, kelompok tani dan pemerintah daerah setempat. Dari acara Temu Bisinis dan Sarasehan telah dihasilkan beberapa butir kesepakatan yang tertuang dalam Nota Kepakatan pengembangan produk teknologi dalam pola kemitraan yang saling menguntungkan, yang akan ditanda tangani pada hari kedua kegiatan FDIT II.

Pada hari kedua FDIT II,  tanggal 10 November 2011, disajikan display klon dan varietas unggul baru krisan, mawar dan gladiol, teknologi perbenihan krisan, dan teknologi pengendalian organisme pengganggu tumbuhan menggunakan pestisida. Keunggulan masing-masing teknologi tersebut telah disaksikan dan didiskusikan bersama pengunjung secara langsung pada tiga lokasi visitor plot FDIT II. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 200 pengunjung dan undangan yang terdiri dari kelompok tani, pelajar, pengusaha florikultura serta instasi pusat dan pemerintah daerah setempat.  FDIT II diawali dengan sambutan oleh Kepala Puslitbang Hortikultura, dilanjutkan oleh sambutan Bupati Tabanan, dan sambutan dari Kepala Badan Litbang Pertanian. Selanjutnya dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan yang merupakan butir-butir kesepakatan yang dicapai dalam acara Temu Bisnis dan Sarasehan Florikultura yang digelar sehari sebelumnya. Setelah acara seremonial, acara dilanjutkan dengan kunjungan di tiga lokasi visitor plot FDIT II.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.80.96.153

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun