Monitoring dan Evaluasi Gelar Teknologi Tanaman Hias


Diupload oleh : Jasa Penelitian
19 September 2011  |  Kategori :Info Diseminasi - Dibaca 1273 kali






Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Gelar Teknologi Tanaman Hias yang dilaksanakan di Bedugul, Tabanan, Bali pada bulan November 2011, Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias, Dr. Ir. Muchdar Soedarjo, MSc. mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) untuk mengetahui kemajuan kinerja dan kualitas kerja ke lokasi yang akan digunakan sebagai tempat diselenggarakannya kegiatan tersebut.
Ada 4 (empat) jenis kegiatan yang dilakukan dalam rangka mendiseminasikan inovasi teknologi dan mempercepat adopsi oleh pengguna (petani), yaitu a) Teknologi produksi benih bermutu krisan (Penjab: Dr.Muchdar Soedarjo), b) Teknologi pengendalian penyakit utama krisan dengan agen hayati (Penjab: Dr. Ika Djatnika), c) uji adaptasi dan preferensi pasar klon harapn krisan (Penjab: Ir. Kurnia Yuniarto, MP) dan d) uji adaptasi varietas unggul krisan, mawar, gladiol dan sedap malam (Dr.Budi Marwoto). Keempat kegiatan tersebut didanai oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi (KNRT) melalui program kerjasama antara Kementerian Pertanian dan KNRT. Selain monev, koordinasi dalam rangka ‘Field Day Inovasi Teknologi’ dilaksanakan dengan Bupati Pemkab Tabanan dan petani kooperator.
Hasil monev dapat dilaporkan sebagai berikut:
  1. Semua kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan metodologi seperti yang tercantum dalam proposal kegiatan. Tanaman krisan, mawar dan sedap malam tumbuh optimal dan berumur sekitar 1 bulan (lihat Gambar 1). Tanaman gladiol masih baru ditanam dan berumur 1 minggu.Gambar 1: A) Teknologi produksi benih bermutu krisan, B) Teknologi pengendalian penyakit utama krisan dengan agen hayati, C) uji adaptasi dan preferensi pasar klon harapn krisan dan D) uji adaptasi var unggul krisan (D-1), mawar (D-2), dan sedap malam (D-3).
  2. Hasil koordinasi dengan Bupati Pemkab Tabanan (Gambar 2A) adalah sebagai berikut: a) Ibu Bupati berterimakasih dengan program gelar teknologi inovasi tanaman hias, produk Kementerian Pertanian, Badan Litbang Pertanian, Puslitbang Horti, Balithi. b) Ibu Bupati akan mendukung Field Day dan bersedia hadir serta membuka acara, c) Ibu Bupati mengharapkan agar percontohan seperti yang dilakukan tahun 2010 dan 2011 dapat diteruskan dan dikembangkan untuk tanaman hortikultura lainnya, seperti sayuran dan buah-buahan.
  3. Koordinasi dengan petani kooperator (Gambar 2B) menghasilkan kesepakatan sebagai berikut: a) petani koperator siap memelihara dan mempertahankan pertumbahan tanaman yang sudah optimal, b) pembentukan panitya Field Day pusat dan daerah (petani koperator dan unsur masyarakat setempat, c) susunan acara pada saat pembukaan Field Day.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 34.224.102.60

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun