PENGUJIAN KISARAN INANG NEMATODA BENTUK GINJAL (Rotylenchulus reniformis Linford dan Olieviera)


Diupload oleh : Budi Marwoto (Jurnal Hortikultura, 119 (4) : 442-449, 2009)
24 Mei 2011  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 618 kali




Rotylenchulus reniformis merupakan salah satu nematoda semiendoparasit penting yang menyerang berbagai jenis tanaman hortikultura di Indonesia.  Nematoda ini dapat ditemukan di dataran rendah maupun dataran tinggi di Indonesia.  Salah satu cara yang efektif untuk mengendalikan R. reniformis ialah melalui penerapan rotasi tanaman dan sanitasi lingkungan, termasuk memusnahkan tanaman inang alternatif.  Untuk itu, diperlukan pengujian status inang berbagai jenis tanaman dan spesies gulma terhadap R. reniformis.  Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2002 sampai Januari 2003 di rumah kaca dan laboratorium Nematologi Balai Penelitian Tanaman Hias Segunung Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur 91.100 m dpl).  Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 ulangan.  Sebanyak 84 jenis tanaman sayuran, tanaman hias dan berbagai spesies gulma digunakan sebagai perlakuan.  Setiap tanaman diinokulasi dengan 1.000 ekor nematoda yang merupakan campuran larva, nematoda jantan dan betina pradewasa.  Status inang ditentukan dengan kriteria faktor reproduksi R. reniformis lebih dari 1 = tanaman inang R. reniformis dan faktor reproduksi kurang dari 1 = bukan tanaman inang.  Faktor reproduksi merupakan perbandingan antara populasi akhir dan populasi awal.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 41 jenis tanaman sayuran yang diuji, 24 di antaranya merupakan inang R. reniformis.  Cabai, wortel dan bawang-bawangan bukan inang R. reniformis.  Tujuh spesies berdaun lebar dapat digolongkan sebagai inang R. reniformis.  Semua gulma monokotil yang diuji bukan inang R. reniformis.  Populasi R. reniformis tidak dapat berkembang pada hibrida Tagetes patula, Crotalaria usaramoensis dan Ricinus communis.
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.224.100.134

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun