Pengaruh Jenis Induktan Eksogen terhadap Pembungaan Lili pada Berbagai Ukuran Umbi.


Diupload oleh : Jasa Penelitian, AGRITEK. 15 (4) : 766 – 771
14 Juli 2010  |  Kategori :Info Penelitian - Dibaca 820 kali




Tanaman lili merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang penting di Indonesia dan dunia.  Salah satu permasalahan pada budidaya lili bunga potong adalah produktivitasnya yang rendah.  Kondisi ini disebabkan oleh ketidakseragaman pertumbuhan dan pembungaan akibat penggunaan materi tanam, yaitu ukuran umbi yang tidak seragam.  Aplikasi hari panjang dan pengatur tumbuh GA3 diharapkan mampu mempercepat waktu inisiasi bunga dan meningkatkan keseragaman pembungaan pada tanaman lili.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pembungaan tanaman lili lokal Sukabumi (kerk lily) terhadap aplikasi hari panjang dan GA3 pada ukuran umbi yang berbeda.  Penelitian dilakukan di bawah rumah plastik di kebun percobaan Balai Penelitian Tanaman Hias Segunung (1.100 m dpl) dari bulan September 2006 hingga April 2007.  Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola split plot dengan 3 ulangan.  Perlakuan pada petak utama adalah jenis induktan eksogen yang terdiri atas hari panjang dan aplikasi GA3 ditambah kontrol.  Sedangkan yang bertindak sebagai anak petak adalah ukuran umbi dengan keliling < 10, 10 – 14 dan > 14 cm.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang nyata antara jenis induktan pembungaan dan ukuran umbi terhadap waktu inisiasi bunga, tinggi dan diameter batang tanaman lili.  Secara umum, tanaman lili yang diberi perlakuan hari panjang dan GA3 memperlihatkan waktu inisiasi bunga yang lebih cepat, namun tinggi dan diameter batang tanaman lili yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan kontrol pada hampir semua ukuran umbi yang dicoba, kecuali pada ukuran umbi < 10 cm.  Sedangkan jumlah bunga per tanaman yang dihasilkan tanaman lili sangat tergantung pada ukuran umbi yang ditanam.  Secara umum, materi tanam dengan ukuran umbi yang lebih besar menghasilkan produksi bunga per tanaman lebih tinggi.

Kata kunci : Lili, Lilium longiflorum, induktan eksogen, ukuran umbi, respon pembungaan.

Kurniawan Budiarto, Yusdar Hilman
Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.224.11.137

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun