Selamat Datang Pak Suswono


Diupload oleh : http://www.deptan.go.id
23 Oktober 2009  |  Kategori :Info Aktual - Dibaca 795 kali




Setelah pelantikan Kabinet Indonesia Bersatu II di Istana, Deptan menggelar acara serah terima jabatan Menteri Pertanian dari pejabat lama Dr. Ir. H. Anton Apriyantono MS kepada pejabat baru Ir. H. Suswono MMA.

Berlangsung sederhana namun cukup khidmat, acara sertijab di Aula Gedung D Deptan, Kamis (22/10)  sore, itu disaksikan oleh dua mantan Mentan (Prof. Dr. Ir. Syarifuddin baharsjah dan Prof. Dr. Ir. Justika Baharsjah), beberapa anggota Komisi IV DPR RI, segenap pejabat eselon I dan II Deptan, tokoh dan perwakilan masyarakat pertanian.

Usai dilantik Presiden SBY, Mentan Suswono langsung bergerak menuju Deptan. Tiba di kompleks perkantoran Deptan sekitar pukul 15.50, Mentan dan rombongan disambut hangat para pejabat Deptan, kemudian langsung menuju Mushola untuk shalat Ashar berjamaah. Usai shalat, Mentan didampingi istri dan keluarga bergerak ke ruang tunggu VIP Deptan. Di sini telah menunggu Mentan lama Anton Apriyantono, dua mantan menteri, para pejabat eselon I dan tamu undangan.

Tak lama berselang, sertijab pun berlangsung ditandai dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan dokumen memory akhir jabatan dari Anton ke Suswono. Dokumen itu berisi gambaran kinerja pertanian dalam periode 2004-2009, program dan rencana kerja pembangunan pertanian 2010, serta kajian pola organisasi Deptan.

Dalam sambutannya, Anton menyampaikan ucapan selamat datang kepada pejabat baru serta apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pejabat dan aparat pertanian yang telah bekerja keras membantunya selama ini. Dia mengajak seluruh jajaran Deptan menyambut dan membantu Mentan baru dengan menunjukkan kinerja lebih baik lagi. "Saya dan kelurga juga mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan dalam interaksi selama 5 tahun terakhir," tambahnya.

Mentan Suswono, dalam sambutan tanpa teks, menegaskan bahwa dirinya tak pernah melamar menjadi Menteri Pertanian. "Saya hanya diminta CV oleh PKS, kemudian dipanggil ke Cikeas dan akhirnya diamanahi menjadi Mentan KIB II."

Bagi Suswono, jabatan bukanlah kehormatan yang harus dikejar-kejar. "Jabatan ini amanah yang didalamnya terkandung beban dan pekerjaan yang harus dipertanggungjawabkan. Tak hanya kepada Presiden dan rakyat di dunia. Tapi juga kepada Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Mengetahui."

Suswono mengakui, Deptan dibawah kepemimpinan Anton telah membuat banyak prestasi membanggakan. Mulai dari capaian swasembada beras, jagung, gula konsumsi, telur dan daging unggas, kinerja ekspor dan kontribusi pertanian terhadap PDB, dan lain-lain. Untuk itu, dia menyampaikan terima kasih kepada Anton dan jajaran pejabat Deptan 2004-2009 yang telah bekerja dan membuat prestasi. "Terima kasih juga kepada para Mentan pendahulu saya, yang telah meletakan pondasi pembangunan pertanian hingga kita meraih capaian-capaian yang menggembirakan. "Suswono mengajak segenap pejabat dan jajaran Deptan untuk melanjutkan  kerjasama. "Ke depan, mari kita bekerja lebih keras lagi agar prestasi-prestasi baik itu berlanjut." Kita ingin, swasembada pangan bisa berkelanjutan menciptakan ketahanan dan kemandirian pangan. "Bahkan ke depan, kita ingin menjadi negara lumbung dan eskportir pangan."

Mentan Suswono juga mengajak kepada para stake holder perhatian untuk sama-sama membangun pertanian lebih baik lagi ke depan. Masalah dan tantangan ke depan tak mungkin dijawab oleh Deptan sendirian. "Saran, kritik dan masukan silakan disampaikan untuk membangun pertanian kota ke depan." Mentan mengajak semua pihak berpartisipasi membangun pertanian yanga tidak saja sukses meningkatkan produksi dan ketahanan pangan, tapi juga mensejahterakan petani dan rakyat Indonesia pada umumnya.

Mentan menyatakan, meski berlatar politik, sebagai pejabat publik dia akan bekerja profesional; melahirkan kebijakan dan program pro-rakyat, dan loyalitasnya ditujukan kepada presiden dan seluruh rakyat Indonesia

Sumber : Departemen Pertanian Republik Indonesia (http://www.deptan.go.id)

Berita Terkait

INFORMASI PENGUNJUNG :

AGENT : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
IP PUBLIK : 54.162.118.107

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II. Silahkan diunduh: [Perencanaan Pembangunan KP. Serpong Tahap II], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi. Silahkan diunduh: [Perencanaan Renovasi Bangunan Guest House Segunung Balithi], Terima Kasih.

Pengumuman

Pokja Balai Penelitian Tanaman Hias, mengumumkan Pemenang Lelang Pengadaan Alat Laboratorium. Silahkan diunduh: Pengumuman Pemenang Lelang, Terima Kasih.

Informasi Publik

  • Tersedia Setiap Saat
    Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI no 14 ... [download file]
  • Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala
    Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala sebagaimana tercantum dalam ... [download file]
  • Diumumkan Secara Serta Merta
    Informasi yang Wajib Diumumkan secara Serta-merta sebagaimana tercantum dalam Undang-undang RI ... [download file]

Sekilas info


Info Kerjasama

  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Agribisnis dan Wisata... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Varietas Tanaman... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Tanaman Hias di Kabupaten... [detail]
  • Penelitian dan Pengembangan
    Pengembangan Kawasan Agribisnis dan Agrowisata di... [detail]
daftar kerjasama penelitan pertahun